Mengenal Peringatan Hari Penerjemah Internasional 2021

oleh -55 views

Pekanbaru – Banyak diantara kita mungkin ada yang mengetahui tentang perayaan Hari Penerjemah Internasional dibeberapa media, atau pernah mendengarnya. Namun, perayaan ini untuk apa sih sebenarnya ? Mari simak penjelasan dibawah ini.

Hari Penerjemah Internasional menjadi penanda tonggak pencapaian bersejarah bagi penerjemah professional, juru bahasa dan ahli peristilahan diseluruh dunia. Peringatan ini menjadi kesempatan untuk menghargai karya profesional bahasa, karena perannya dalam menghubungkan perdamaikan, kesepahaman, memperkuat perdamaian, pembangunan dan keamanan dunia melalui satu bahasa ke bahasa lain.

Diperingati setiap 30 September, Hari Penerjemah Internasional merupakan sebuah kesempatan untuk menunjukan kebanggaan dari profesi yang semakin penting di era global. Dimana Penerjemahan sebagai jembatan antar-budaya memperkenalkan bangsa-bangsa ke berbagai perspektif tentang jalur-jalur ke arah modernisasi dan kemajuan intelektual.

Dalam sejarahnya, Hari Penerjemah Internasional dirayakan setiap 30 September untuk merayakan pesta St. Jerome, seorang penerjemah alkitab yang dianggap sebagai santo pelindung para penerjemah. Salah satu karyanya yang terkenal adalah upayanya menerjemahkan sebagaian isi alkitab kedalam bahasa latin dari manuskrip Yunani perjanjian baru.

Perayaaan ini telah dipromosikan oleh The Internasional Federation of Translators atau Federasi Penerjemah Internasional sebagai gagasan untuk menunjukan solidaritas dari komunitas penerjemah. Bahkan sejak 2005, PBB juga mengakui peran penerjemah internasional dengan mengadakan kontes terjemahan St. Jerome terbaik dalam bahasa Arab, Cina, Inggris, Prancis, Rusia, Spanyol, serta Jerman dengan melibatkan partisipasi semua stafnya.

Tapi tahukah kamu ?, kegiatan penerjemah ternyata memiliki banyak manfaat. Salah satunya ialah memperluas kemampuan untuk mengeksplorasi pikiran dan perasaan orang-orang. Dengan menikmati proses transformasi bahasa asing kedalam bahasa sendiri dapat menghindari prasangka dan kesalahpahaman.

Singkatnya, proses penerjemahan dapat membantu kita memahami budaya lain dan memperluas cakrawala melalui bahasa. Karena, terjemahan sangat penting bagi siapa saja yang ingin mengenal suatu kelompok, budaya atau bangsa kepada yang lain. (*)

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.