Membangun Generasi Muda yang Literat dan Berbudaya

oleh -263 views


Pekanbaru – Perpustakaan Tenas Effendy Kota Pekanbaru memperkenalkan layanan dan dan fasilitas yang tersedia di perpustakaan kepada Duta Anak Kota Pekanbaru tahun 2024. Kunjungan ini sekaligus untuk mendorong kolaborasi dalam memajukan literasi dan budi pekerti luhur di kalangan anak-anak di kota Pekanbaru, Kamis (20/6/2024).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru, Hj. Erna Juita, SH., M.Si., melalui Kabid P2LP, Suryana Hakim, ST., MM., menyampaikan ajakan kepada para Duta Anak untuk memanfaatkan layanan dan fasilitas yang tersedia di perpustakaan guna menunjang kegiatan mereka.

“Perpustakaan ini terbuka untuk kalian semua. Silahkan mau kemana, ke sekolah, kami akan berikan dampingi (Pusteling, red). Tapi tidak bisa dadakan, beritahukan kepada kami terlebih dahulu untuk menggunakan fasilitas yang ada,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa literasi merupakan kunci penting dalam membangun generasi muda yang cerdas, berpengetahuan luas, dan berkarakter mulia.

“Membaca buku dapat membuka jendela dunia dan memperkaya wawasan anak-anak. Selain itu, literasi juga dapat menumbuhkan rasa empati, toleransi, dan budi pekerti luhur pada anak-anak,” jelas Suryana.

Perpustakaan Tenas Effendy menawarkan berbagai fasilitas yang menarik dan bermanfaat bagi para Duta Anak, antara lain:

Ruang Multimedia
Kapasitas 42 orang dilengkapi dengan komputer dan proyektor, cocok untuk kegiatan belajar kelompok, presentasi, atau menonton film edukasi.

Ruang Aula Lantai 3
Kapasitas 100 orang dapat digunakan untuk mengadakan seminar, workshop, atau pertunjukan.

Ruang Komunal
Kapasitas 25 orang ruang santai yang nyaman untuk membaca buku, berdiskusi, atau mengerjakan tugas.

Pojok Baca Digital (Pocadi) 
Menyediakan akses ke berbagai buku elektronik dan konten edukasi lainnya yang berada di RTH Kaca Mayang dan RTH Tunjuk Ajar Integritas.

Taman Bacaan Masyarakat (TBM)
Memberikan akses mudah ke buku dan bahan bacaan bagi masyarakat yang berada di Taman Kayu Putih.

Perpustakaan Keliling (Pusteling)
Mengunjungi sekolah-sekolah dan komunitas yang tersebar di Kota Pekanbaru, membawa buku dan bahan bacaan kepada anak-anak yang tidak memiliki akses ke perpustakaan.

Pemerintah Kota Pekanbaru berharap dengan kolaborasi bersama Duta Anak, Perpustakaan Tenas Effendy dapat menjadi pusat literasi dan pengembangan budi pekerti luhur bagi anak-anak di Kota Pekanbaru.

“Kami mengajak para Duta Anak untuk menjadi duta literasi di sekolah dan komunitas mereka. Mari bersama kita ciptakan generasi muda yang literat, cerdas, dan berbudaya mulia,” ujarnya.

About the author

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

No More Posts Available.

No more pages to load.