Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru Sediakan Aplikasi Pustaka Digital iPekanbaru, Tinggal Scan QR di 10 titik

,

Pekanbaru, 28 Maret 2019 – Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Pekanbaru menyediakan Perpustakaan digital di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Pekanbaru yang mempunyai sekitar 8000 lebih judul buku. Ada aneka buku dengan berbagai klasifikasi yang disediakan. “Koleksi buku digital dari berbagai genre bisa diakses Para pecinta buku di Kota Pekanbaru kini makin mudah mengakses perpustakaan digital. Bisa mengaksesnya dengan cara memindai Kode QR yang ada di Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru. Masyarakat cukup memindainya dari gadget mengunduh langsung di iPekanbaru, yang merupakan aplikasi perpustakaan digital.

Kode QR iPekanbaru tersedia di sepuluh titik di MPP. “Jadi para pengunjung MPP bisa pindai kode QR, lantas unduh ke perangkat ponsel,” terang Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Pekanbaru Ir. Hj. Nelfi Yonna, M.Si, penempata kode QR di MPP Pekanbaru dalam upaya peningkatan minat baca masyarakat. Masyarakat bisa mengakses buku bacaan lewat Perpustakaan Digital Kota Pekanbaru.

Ir. Hj. Nelfi Yonna, M.Si menjelasakan, “bahwa kunjungan Perpustakaan Kota Pekanbaru mencapai 107.757 pemustaka pada tahun 2018 lalu. Mereka mengunjungi unit-unit layanan perpustakaan umum di Kota Bertuah. Pengunjung perpustakaan digital lebih dari 50 persen. Jumlah kunjungan digital cukup tinggi yakni mencapai 53.681 dari total kunjungan”.

iPekanbaru QR Code

iPekanbaru

iPekanbaru MPP

Alat yang digunakan untuk membaca QRCode disebut QR Code Scanner. Umumnya alat ini bukanlah alat terpisah, namun tersedia dalam bentuk aplikasi di smartphone seperti Android atau iPhone. Tujuan utama QR Code saat ini digunakan untuk memudahkan pengguna Smartphone mengakses informasi dengan dua langkah mudah, 1. scan QR code, 2 lakukan Aksi. aksi disini bisa berupa membuka browser, menyimpan informasi kontak, atau mendial nomor yang ada di QR code tersebut. Untuk mempromosikan aplikasi iPekanbaru  agar bisa dengan mudah untuk diunduh. Cukup membidik QR Code dengan kamera smartphonemu, maka aplikasi akan terunduh otomatis di smartphone. Mudah kan?

Bentuknya yang lebih kompak dan bisa diakses dari berbagai aplikasi dan peranti, membuat iPekanbaru kian menarik bagi mereka yang hobi membaca. Memperoleh buku elektronik ini juga lebih mudah. Anda bisa mengunduh atau meminjamnya buku di iPekanbaru. Banyak pilihan untuk membaca buku elektronik ini. Alternatif lain adalah komputer tablet (iPad atau tablet Android).

Kode QR adalah suatu jenis kode matriks atau kode batang dua dimensi yang dikembangkan oleh Denso Wave, sebuah divisi Denso Corporation yang merupakan sebuah perusahaan Jepang dan dipublikasikan pada tahun 1994 dengan fungsionalitas utama yaitu dapat dengan mudah dibaca oleh pemindai QR merupakan singkatan dari quick response atau respons cepat, yang sesuai dengan tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan mendapatkan respons yang cepat pula. Berbeda dengan kode batang, yang hanya menyimpan informasi secara horizontal, kode QR mampu menyimpan informasi secara horizontal dan vertikal, oleh karena itu secara otomatis Kode QR dapat menampung informasi yang lebih banyak daripada kode batang. (http://id.wikipedia.org/wiki/Kode_QR#Definisi)

QR Code iPekanbaru di Mall Pelayanan Publik Pekanbaru (MPP) tersedia sebanyak 10 titik. Semoga bermanfaat untuk pengembangan index minat baca yang menjadi pohon kinerja dan sasaran kinerja DISPUSIP Kota Pekanbaru.

#AyoMembaca #BukuPerpustakaanUmumKotaPekanbaru #DispusipPekanbaru #Dispusip #Pekanbaru #AyoKePerpustakaan
#AyoJagaArsip #TertibArsip #perpustakaan #pustaka #pustakawan #arsip#dokumen #library #librarian #book #archive #history
#bandarayamelayu #bandarserimelayu #MPP #KotaPekanbaru #KotaSmart
#SalamSmart
#SalamLiterasi

BACA & PINJAM >>> GRATISSS

————————
Yuuuk kunjungi,..
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru
Jl. Dr. Sutomo No. 1 Pekanbaru.
Telpon : (0761) 859318
Email : bpadkotapekanbaru@gmail.com
Website : https://www.bpa.pekanbaru.go.id
Twitter : https://www.twitter.com/DispusipPKU
Facebook : https://www.facebook.com/dispusip.pekanbaru
Instagram : https://www.instagram.com/dispusippku/
-SALAM SMART-

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :