Lima Perpustakaan Sekolah di Pekanbaru Raih Akreditasi A

oleh -211 views

Pekanbaru – Sebanyak lima perpustakaan sekolah di Kota Pekanbaru mendapatkan akreditasi perpustakaan dari Tim Pusat Lembaga Akreditasi Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia. Penyerahan sertifikat dilaksanakan pada Kamis (4/02/2021) di Auditorium H Ismail Suko Perpustakaan Soeman HS Provinsi Riau.

“Hari ini ada lima perpustakaan sekolah menerima penghargaan melalui Dispersip Provinsi Riau dengan predikat akreditasi A. Baru-baru ini ada sepuluh perpustakaan sekolah di Pekanbaru yang siap di akreditasi pada bulan februari. Kami berharap bulan-bulan berikutnya lebih banyak lagi pengajuan akreditasi ke Perpusnas sesuai dengan standar nasional perpustakaan,” kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru, Ir Hj Nelfiyonna M Si.

Pada kesempatan itu, Nelfiyonna mengucapkan terimakasih kepada Perpusnas RI yang telah memfasilitasi proses pengajuan akreditasi perpustakaan sekolah. Terhitung sejak 2020 lalu sudah ada sekitar 27 perpustakaan sekolah di Pekanbaru yang telah terakreditasi.

“Di penghujung tahun ada tambahan lima perpustakaan yang di akreditasi, khususnya perpustakaan SD dan SMP. Semua ini difasilitasi oleh Perpustnas, sedangkan tugas kami melaksanakan persiapan pembinaan sekolah,” tambahnya.

Ditemui usai acara, Kepala sekolah SD Al-Azhar Syifa Budi Pekanbaru, Haris Dianwari, S pd mengatakan pihaknya mendapatkan usulan pengajuan akreditasi dari Dispusip Pekanbaru. Maka selama dua bulan pihaknya bersama tim menyiapkan segala keperluan untuk proses akreditasi.

“Dan perpustakaan Al-azhar mendapatkan akreditasi A. Saya berharap teman-teman lain bisa segera menyusul ini, karena akreditasi ini menjadi upaya meningkatkan pelayanan perpustakaan bagi siswa, guru dan orangtua murid. Serta menjadi salah satu syarat ujian nasional untuk menyerahkan sertifikat akreditasi perpustakaan,” jelasnya.

Selain itu, Kepala SMPN 8 Pekanbaru, Ade Armi MPd mengungkapkan kredibilitas sekolah salah satunya dengan adanya akreditasi perpustakaan sekolah. Maka diperlukan adanya tenaga ahli pustakawan untuk mengelola Perpustakaan Lentara Ilmu agar kedepan bisa menjadi referensi bagi perpustakaan sekolah lainnya.

“Semua ini berkat kerja keras dan semangat tim sehingga perpustakaan Lentera Ilmu bisa mendapatan nilai akreditasi A. Tentunya kami masih memerlukan pembinaan dari Dispusip, bagaimana untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi perpustakaan,” terangnya.

Perpusnas RI mengirimkan pengumuman hasil penilaian pada 17 November 2020 kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau. Untuk Kota Pekanbaru ada lima perpustakaan sekolah, yakni Achievers Library milik SD Darma Yudha, Perpustakaan Al Azhar milik SD Al Azhar Syifa Budi, Perpustakaan Marwah milik SDIT Al-Ittihad, Perpustakaan Al-Adzkar milik SMPIT Imam An-Nawawi dan Perpustakaan Lentera Ilmu milik SMPN 8 Pekanbaru

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.