Lima OPD Dengan Laporan Audit Kearsipan Terbaik Tahun 2019 Terima Penghargaan dari Walikota Pekanbaru

oleh -264 views

Pekanbaru – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Pekanbaru menyelenggarakan kegiatan Penyampaian Hasil Pengawasan Laporan Audit Kearsipan Internal (LAKI) tahun 2019 kepada Walikota Pekanbaru. Kegiatan ini dilaksanakan pada Senin (10/2/2020) di Komplek Perkantoran Tenayan Pekanbaru.

Lima OPD Dengan Laporan Audit Kearsipan Terbaik Tahun 2019 Terima Penghargaan dari Walikota 11

Dalam kegiatan ini juga, Walikota Pekanbaru memberikan penghargaan kepada lima OPD dengan perolehan nilai LAKI terbaik tahun 2019. Adapun OPD dengan nilai terbaik yakni Dispusip Pekanbaru yang juga merupakan Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) di lingkup Pemko Pekanbaru.

Setelah DIspusip dengan peringkat terbaik di Pekanbaru, disusul Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, dan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman.

Lima OPD Dengan Laporan Audit Kearsipan Terbaik Tahun 2019 Terima Penghargaan dari Walikota 16

Kepala Dispusip Pekanbaru, Ir Hj Nelfiyonna MSi, menyampaikan bahwa peran arsip sangat penting dalam mendukung kinerja OPD. Keberhasilan OPD dalam mengelola arsip menunjukkan kinerja positif pada organisasi tersebut. Untuk itu budaya tertib arsip menjadi keharusan dalam kegiatan OPD di Pekanbaru.

“Budaya tertib arsip yang mapan memerlukan proses internalisasi kearsipan melalui pelaksanaan pembinaan secara sistematik kepada pencipta arsip. Agar pencipta arsip dapat memahami dan mematuhi norma, standar, kriteria, prosedur yang tercantum dalam regulasi kearsipan,” jelas Nelfiyonna.

Lima OPD Dengan Laporan Audit Kearsipan Terbaik Tahun 2019 Terima Penghargaan dari Walikota 1

Selain itu, Nelfiyonna juga mengatakan bahwa dinasnya siap untuk melakukan pendampingan kearsipan ke seluruh OPD di Pekanbaru. Baru-baru ini, Dispusip sudah melakukan pendampingan terhadap Inspektorat Pekanbaru.

“Dalam budaya tertib arsip, pembinaan sangatlah penting. Melalui pembinaan kearsipan, dapat dilakukan upaya seperti koordinasi, bimbingan teknis, supervisi, dan sebagainya dari lembaga pembina kearsipan kepada pihak pencipta arsip,” sebut Nelfiyonna.

Nelfiyonna juga menyebutkan saat ini pengelolaan kearsipan di Pekanbaru juga sudah didukung dengan beberapa instrumen seperti Perda nomor 2 Tahun 2019 dan juga 16 Perwako yang memperkuat SOP kearsipan yang mencakup penciptaan, pengelolaan, penyusutan dan pemusnahan arsip.

Lima OPD Dengan Laporan Audit Kearsipan Terbaik Tahun 2019 Terima Penghargaan dari Walikota 12

Kadispusip juga mengharapkan arahan dari Walikota untuk melakukan pengawasan dan penguatan terhadap pengelolaan arsip di lingkup OPD di Pekanbaru.

Sementara itu Walikota Pekanbaru, Dr Firdaus ST MT, menyebutkan bahwa arsip merupakan elemen terpenting dalam penyelenggaraan organisasi. Hingga ratusan tahun ke depan, arsip yang akan menjadi pedoman kita. Bahkan keberadaan arsip akan menjadi penyelamat di masa yang akan datang.

Lima OPD Dengan Laporan Audit Kearsipan Terbaik Tahun 2019 Terima Penghargaan dari Walikota 6

“Dari mana kita tahu bahwa Pekanbaru ini awal mulanya dari pasar baru yang dipindahkan di Senapelan oleh Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah? Kita tahunya ini dari tulisan,”sebut Firdaus.

Walikota bahkan menyebutkan bahwa arsip ini juga dapat menjadi penyelamat di masa yang akan datang. Pengelolaan arsip yang kurang baik akan membuat aparat pemerintah kesulitan jika tersandung masalah. “Ketiadaan arsip juga akan membuat kita tersandung masalah hukum,”sebutnya.

Lima OPD Dengan Laporan Audit Kearsipan Terbaik Tahun 2019 Terima Penghargaan dari Walikota 7

Untuk itu, Firdaus mengimbau kepada seluruh Kepala Dinas dan juga Sekretaris untuk mengelola arsip dengan sebaik-baiknya. Ia juga meminta Dispusip untuk melakukan pendampingan sehingga kedepannya laporan LAKI di Pekanbaru bisa terus meningkat,”pungkas Walikota.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP)
Kota Pekanbaru
Jl. Dr. Sutomo No. 1 Pekanbaru.
Gallery Arsip DISPUSIP Pekanbaru

Ingin share Foto Pekanbaru Jadulmu?
Follow dan silahkan Tag Akun kami @arsip_pekanbaru atau email kami bidangkearsipan@gmail.com
————————
#arsip #sejarah #budaya #photography #videography #culture #pekanbaru #riau #pku #pkulover
#photooftheday #picture #heritage #history #like #me #galeri #gallery #foto #budayaindonesia
#warisan #warisanbudaya #bandarayamelayu #adaapadipekanbaru #yokkepekanbaru

————————
Yuuuk kunjungi,..
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru
Jl. Dr. Sutomo No. 1 Pekanbaru.
Telpon : (0761) 859318
Email : bpadkotapekanbaru@gmail.com
Website : https://www.dispusip.pekanbaru.go.id
Twitter : https://www.twitter.com/DispusipPKU
Facebook : https://www.facebook.com/DispusipPKU
Instagram : https://www.instagram.com/dispusippku/
-SALAM SMART-

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.