Lakukan Inovasi, Perpustakaan Umum Kota Pekanbaru Raih Akreditasi A dari Perpusnas RI

oleh -525 views

Dalam Perhelatan Festival Literasi Kota Pekanbaru tahun 2019, Perpustakaan Umum Pekanbaru yang dikelola oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Pekanbaru mendapatkan hadiah dari Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI. Perpustakaan Pekanbaru mendapatkan Akreditasi A setelah memenuhi syarat dan kriteria dari Perpusnas.

Penyerahan akreditasi ini disampaikan langsung oleh Kepala Perpusnas RI, Muhammad Syarif Bando, kepada Kepala Dispusip Pekanbaru, Nelfiyonna. Penyerahan ini dilaksanakan pada saat kegiatan Festival Literasi di Hotel Aryaduta Pekanbaru pada Rabu (30/10/2019).

akreditasi A

Dalam penyerahan ini juga, Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi, juga turut menyaksikan penyerahan Sertifikat Akreditasi tersebut.

Syarif mengatakan bahwa Akreditasi A merupakan sertifikat terbaik untuk perpustakaan di Indonesia. Ia mengapresiasi Dispusip Pekanbaru selaku pengelola perpustakaan dengan berbagai inovasi yang dilaksanakan. Ia berharap hal Ini bisa menjadi upaya peningkatan minat baca dan pengembangan perpustakaan.

“Kami apresiasi terhadap berbagai inovasi layanan serta kerjasama yang dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru,” ujar Syarif.

Dispusip Pekanbaru sendiri sudah melakukan beberapa kegiatan terkait peningkatan minat baca masyarakat. Di antaranya mengadakan perpustakaan keliling ke sekolah, lapas hingga di Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Selain itu, Dispusip Pekanbaru juga punya perpustakaan digital yang dinamakan iPekanbaru di mana layanan ini bisa diakses lewat gawai. Selain itu juga ada sejumlah kegiatan seperti workshop flash writing, mendongeng atau bimtek pengelola perpustakaan yang dilaksanakan oleh instansi tersebut.

PENGHARGAAN DARI PERPUSNAS DENGAN NILAI A

Kepala Dispusip Pekanbaru, Nelfiyonna, mengatakan bahwa pihaknya berkolaborasi untuk mendorong dan meningkatkan minat baca masyarakat. “Dinas juga mendapat sejumlah hibah buku dan non buku dari berbagai pihak. Serta menjalin kerjasama sebagai upaya meningkatkan minat baca,” ujarnya.

Yonna juga menjalin kerjasama dengan Forum Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca Pekanbaru, Kampung Dongeng, GenBI, Forum Lingkar Pena, Akber Pekanbaru, Kongkow Nulis, serta pihak lainnya. Ada juga kerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi serta sekolah.

“Kita juga mendorong agar kegiatan-kegiatan literasi dapat dilaksanakan di Perpustakaan, tidak hanya sekedar membaca saja,” tutup Yonna.

#FestivalLiterasiPekanbaru #Festival #Festival2019 #FestivalLiterasi #AkreditasiA
#AyoMembaca #BukuPerpustakaanUmumKotaPekanbaru#DispusipPekanbaru
#Dispusip #Pekanbaru #AyoKePerpustakaan #AyoJagaArsip #TertibArsip
#perpustakaan #pustaka #pustakawan #arsip#dokumen #library #librarian
#book #archive #history
#bandarayamelayu #bandarserimelayu
#SalamLiterasi
#SalamSmart
BACA & PINJAM >>> GRATISSS
————————
Yuuuk kunjungi,..
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru
Jl. Dr. Sutomo No. 1 Pekanbaru.
Telpon : (0761) 859318
Email : bpadkotapekanbaru@gmail.com
Website : https://www.dispusip.pekanbaru.go.id
Twitter : https://www.twitter.com/DispusipPKU
Facebook : https://www.facebook.com/dispusippku
Instagram : https://www.instagram.com/dispusippku/
-SALAM SMART-

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.