Kunjungan SDN 112 ke Dispusip Pekanbaru Dekatkan Siswa dengan Buku

oleh -888 views

20 Siswa kelas 6 SDN 112 Pekanbaru pada Jumat (24/1/2019) melakukan kunjungan ke Perpustakaan Umum Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Pekanbaru. Dalam kunjungan ini, siswa tersebut melihat-lihat berbagai layanan di Dispusip.

Di awal kegiatan, para siswa terlebih dahulu mendengarkan pengarahan dari salah seorang petugas di Dispusip Pekanbaru. Di pengarahan tersebut, siswa dikenalkan lebih jauh tentang Dispusip beserta layanan-layanannya.

kunjungan sd 112 3

Setelah itu, siswa-siswi tersebut diminta untuk melihat koleksi buku yang ada di Ruang Baca Anak dan meresensi buku tersebut. Selanjutnya, mereka akan diminta untuk mendengarkan dongeng yang dibawakan oleh petugas Dispusip.

Walikelas 6 SDN 112, Rani Andriati, menyebutkan bahwa kunjungan ini dalam rangka untuk mendekatkan anak-anak dengan buku. Sehingga dengan kunjungan ini, anak-anak menjadi makin gemar membaca. “Kita juga ingin menunjukkan lokasi dari Perpustakaan Pekanbaru. Jadi mereka bisa datang kembali dan mengajak keluarga mereka,” ungkap Rani.

kunjungan sd 112 4

Rani juga mengatakan bahwa fasilitas yang ada di Dispusip sudah cukup baik. Namun demikian Dispusip harus lebih gencar untuk mensosialisasikan perpustakaannya ke sekolah-sekolah, sehingga kunjungannya bisa meningkat.

“Sosialisasi ke sekolah-sekolah juga bisa membuat anak-anak tersebut mengajak orang tua mereka,” tambah Rani.

kunjungan sd 112 1

Kepala Dispusip Pekanbaru, melalaui Kasi Pelayanan dan Otomasi Perpustakaan, Edi Amin Jafar SSn mengatakan bahwa kunjungan seperti ini sangat baik untuk perkembangan anak. Sejak dini, hendaknya anak harus diajarkan budaya membaca. Membaca juga akan meningkatkan literasi personal.

kunjungan sd 112

“Ini juga sesuai dengan ajaran Agama Islam di mana perintah Allah pertama kepada Nabi Muhammad adalah Iqra atau membaca,” terang Edi.

Edi juga menyebutkan bahwa dalam Islam juga menyebutkan bahwa Ahli Ilmu lebih utama dibanding Ahli Agama. “Untuk itu, sejak usia dini anak-anak harus diajarkan untuk dekat dengan perpustakaan,” terangnya.

kunjungan sd 112 2

Dispusip sendiri tidak hanya memberikana layanan pinjam dan baca buku saja. Dispusip juga menjadi pusat kegiatan yang mendorong kesejahtraan masyarakat.

#AyoMembaca #BukuPerpustakaanUmumKotaPekanbaru #DispusipPekanbaru
#salamLiterasi#ayokeperpustakaan#Ayomembaca#perpustakaan #kearsipan
#budayabaca#perpussemakinbaik #mobilkelilingperpustakaan#Indonesia
#Dispusip #Pekanbaru #AyoKePerpustakaan #AyoJagaArsip #TertibArsip
#perpustakaan #pustaka #pustakawan #arsip#dokumen #library #librarian #book
#archive #history #bandarayamelayu #bandarserimelayu
#SalamLiterasi
#SalamSmart
BACA & PINJAM >>> GRATISSS
————————
Yuuuk kunjungi,..
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru
Jl. Dr. Sutomo No. 1 Pekanbaru.
Telpon : (0761) 859318
Email : bpadkotapekanbaru@gmail.com
Website : https://www.dispusip.pekanbaru.go.id
Twitter : https://www.twitter.com/DispusipPKU
Facebook : https://www.facebook.com/dispusip.Pku
Instagram : https://www.instagram.com/dispusippku/
-SALAM SMART-

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.