Kunjungan Dispusip dan GPMB Pekanbaru ke SDN 113 Motivasi Anak-Anak tentang Budaya Baca

oleh -686 views

Pekanbaru – Pemasyarakatan budaya baca terus gencar dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Pekanbaru. Bersama dengan forum Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Pekanbaru, pemerintah bersama-sama dengan penggiat literasi mengajak masyarakat untuk gemar membaca.

Kunjungan ke SDN 113 Pekanbaru (4)

Pada Rabu (26/2/2020), Dispusip Pekanbaru dan GPMB melakukan kunjungan ke SDN 113 yang beralamat di Jalan Irkab Kelurahan Sidomulyo Timur, Marpoyan Damai. Kunjungan ini merupakan kegiatan sosialisasi dan motivasi tentang literasi kepada anak-anak.

Dalam kunjungan ini, Dispusip hadir dengan mengerahkan satu armada Perpustakaan Keliling (Pusteling) ke SD tersebut beserta petugas dan juga Pustakawan Muda. Sedangkan dari GPMB, hadir Ketua GPMB Pekanbaru, Indra Purnama PhD beserta timnya. Rombongan tersebut disambut oleh Kepala SDN 113 Pekanbaru, Arnis SPd beserta jajarannya.

Kunjungan ke SDN 113 Pekanbaru (2)

Di acara ini, sebanyak ratusan anak mendengarkan dengan seksama pengarahan dari pengisi sosialisasi. Mulai dari pembukaan yang dilakukan oleh seorang guru dan penulis GPMB, Mulyati Umar, arahan dari ketua, dan juga dongeng yang dibawakan oleh Kak Elyne Dongeng.

Anak-anak terlihat sangat antusias di acara tersebut. Ajakan untuk gemar membaca sejak dini dikemas dengan menarik dan dimengerti oleh anak-anak. Di akhir acara, juga diberikan kuis dengan hadiah doorprize untuk anak-anak yang berhasil menjawab pertanyaan.

Kunjungan ke SDN 113 Pekanbaru (3)

Selain itu, keberadaan Pusteling juga menjadi daya tarik bagi anak-anak. Setelah acara selesai dan waktu istirahat tiba, anak-anak menyerbu Pusteling untuk membaca buku-buku yang ada. Terutama buku anak-anak penuh gambar yang sangat diminati oleh anak seusia mereka.

Kepala Dispusip Pekanbaru, Ir Hj Nelfiyonna MSi, menyebutkan bahwa Pemerintah Kota Pekanbaru sangat gencar dalam mendorong budaya baca di Pekanbaru. Salah satunya dengan menjadikan perpustakaan sebagai basis pengetahuan dan kegiatan masyarakat untuk kesejahteraan sosial.

Kunjungan ke SDN 113 Pekanbaru (1)

“Literasi memiliki makna yang luas dan menyentuh berbagai lapisan hidup. Dari kecil kita diajarkan literasi baca tulis dan hingga berlanjut hingga literasi ekonomi, literasi sosial/budaya, literasi digital dan lainnya,” sebut Nelfiyonna.

Kunjungan GPMB dan Pusteling ke sekolah ini, kata Nelfiyonna, merupakan upaya dari Dispusip untuk menjangkau daerah-daerah yang berlokasi jauh dari kota dengan memberikan sosialisasi dan motivasi tentang literasi. Sekolah-sekolah lainnya di Pekanbaru juga dapat dikunjungi oleh Pusteling Siaga dari Dispusip dengan menghubungi Call Center DIspusip Pekanbaru di 081378091515 dan mengikuti prosedur yang ada.

#AyoMembaca #BukuPerpustakaanUmumKotaPekanbaru #DispusipPekanbaru
#salamLiterasi#ayokeperpustakaan#Ayomembaca#perpustakaan #kearsipan
#budayabaca#perpussemakinbaik #mobilkelilingperpustakaan#Indonesia
#Dispusip #Pekanbaru #AyoKePerpustakaan #AyoJagaArsip #TertibArsip
#perpustakaan #pustaka #pustakawan #arsip#dokumen #library #librarian #book
#archive #history #bandarayamelayu #bandarserimelayu #BICorner
#SalamLiterasi
#SalamSmart
BACA & PINJAM >>> GRATISSS
————————
Yuuuk kunjungi,..
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru
Jl. Dr. Sutomo No. 1 Pekanbaru.
Telpon : (0761) 859318
Email : bpadkotapekanbaru@gmail.com
Website : https://www.dispusip.pekanbaru.go.id
Twitter : https://www.twitter.com/DispusipPKU
Facebook : https://www.facebook.com/dispusip.Pku
Instagram : https://www.instagram.com/dispusippku/
-SALAM SMART-

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.