Keysha Fathiah, Juara Satu Tingkat Kota Lomba Story Telling

oleh -195 views

Pekanbaru – Keysha Fathiah dari Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pekanbaru berhasil menjadi juara I Lomba Story Telling Tingkat Kota Pekanbaru. Dengan membawakan cerita rakyat “Si Lancang” asal Kabupaten Kampar menceritakan tentang anak durhaka bernama Si Lancang yang kaya raya dan tidak mau mengakui ibunya yang bekerja sebagai petani miskin.

Penampilan dalam bentuk audio visual melalui kata-kata, gerak tubuh, ekspresi wajah yang diperankan memberikan kesempatan bagi Keysha Fathiah untuk berkompetisi lagi ke tingkat Provinsi Riau mewakili Kota Pekanbaru, Senin (28/6/2021).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru, Ir. Hj. Nelfiyonna, M.Si mengatakan prestasi yang diraih oleh Keysha Fathiah bisa menjadi motivasi bagi anak-anak Kota Pekanbaru terutama di Provinsi Riau untuk lebih giat menumbuhkembangkan dan meningkatkan budaya membaca sejak dini.

“Dengan membawakan cerita rakyat Riau ini, siswa akan lebih mengenal dan mencintai budaya daerahnya. Lebih luas lagi, menanamkan cinta akan kebudayaan bangsa dengan mengangkat dan mempopulerkan buku cerita budaya lokal yang mengandung nilai-nilai kehidupan yang baik,” Kata Nelfiyonna.

Kebiasaan membaca tidak akan tumbuh dengan sendirinya, menurut Nelfiyonna, perlu dukungan antara keluarga, sekolah, komunitas, masyarakat maupun pemerintah untuk membangun kegemaran membaca. Dalam hal ini, pemerintah berupaya menumbuh kembangkan minat baca dengan berbagai cara, seperti mendongeng, bercerita, bertutur dan lainnya.

“Bercerita akan menimbulkan daya tarik bagi anak-anak, sehingga sedikit demi sedikit akan menanamkan kebiasaan membaca melalui bahan bacaan. Peserta terbaik akan mewakili Kota Pekanbaru ke tingkat Provinsi, sekali lagi selamat,” Ujarnyak

Diakhir perlombaan, dewan juri terdiri dari Eveline Tanugraha, Mamik Dwi Apriyanti, Raja Ira Novia Badar Putri, S.Pd (Praktisi Mendongeng), Reni Prasetyawati, S.PI, M.Si (Pustakawan Ahli Madya Dispusip Kota Pekanbaru) dan Dra. Hj. Kamala Sia Rio Nita, M.Pd (Penyuluh Perpustakaan Dispusip Kota Pekanbaru) telah berdiskusi dan menentukan pemenang Lomba Story Telling Tingkat Kota Pekanbaru sebagai berikut :

  1. Juara I Keysha Fathiah dari Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pekanbaru
  2. Juara II Gracia Felicia dari SD Heaven Kids
  3. Juara III Arinda Putri dari SDN 3 Pekanbaru
  4. Harapan I Adinda Zulaikha dari SDN 153 Pekanbaru
  5. Harapan II Rezky Salsabila dari SDN 15 Pekanbaru
  6. Harapan III Gwenzy Lovely dari SDN Cendana Pekanbaru
Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.