Kepala Dispusip Pekanbaru Resmikan Perpustakaan Labuai Madani

oleh -566 views

Hari ini, Selasa (31/12/2019), Kelurahan Tangkerang Labuai Kecamatan Bukitraya telah resmi memiliki perpustakaan kelurahan yang bisa dimanfaatkan masyarakat. Perpustakaan ini dinamakan dengan Perpustakaan Labuai Madani.

Peresmian Perpustakaan Labuai Madani ini ditandai dengan pembacaan SK Pelantikan Pengurus oleh Lurah Tangkerang Labuai dan seremonial pembukaan tirai oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Pekanbaru.

perpustakaan kelurahan tangkerang labuai 2

Kegiatan peresmian ini dilaksanakan di bangunan perpustakaan yang terletak di areal Kantor Lurah Tangkerang Labuai. Sekitar pukul 09.00 WIB pagi, Lurah, beserta pengurus perpustakaan hadir dan mengikuti rangkaian kegiatan peresmian.

Hadir juga dalam kegiatan peresmian tersebut Kepala Dispusip Pekanbaru, Nelfiyonna, Camat Bukitraya, Wahyu Idris, perwakilan Dinas Pengendalian Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdaldukcapil), perwakilan Polsek Bukitraya, dan undangan lainnya.

perpustakaan kelurahan tangkerang labuai 1

Camat Bukitraya, Wahyu Idris, dalam kesempatan ini menyebutkan bahwa upaya untuk mengajak masyarakat gemar membaca buku bukan tugas yang mudah. Perlu usaha bersama agar masyarakat sadar pentingnya literasi.

“Ini merupakan salah satu upaya peningkatan literasi masyarakat dengan membentuk perpustakaan kelurahan,” kata Wahyu.

Di Bukitraya sendiri, Tangkerang Labuai menjadi yang pertama yang memiliki perpustakaan kelurahan. Nantinya juga akan disusul oleh Kelurahan Air Dingin yang hari ini juga akan diresmikan. “Mari kita kelola perpustakaan ini dengan baik. Siapa tahu nanti jadi percontohan di Pekanbaru,” sebut Wahyu.

perpustakaan kelurahan tangkerang labuai 3

Dalam kesempatan ini, salah seorang warga Tangkerang Labuai, Mirsal, ditunjuk sebagai Ketua Pengurus Perpustakaan Labuai Madani. Ia menyatakan bahwa dirinya beserta pengurus lain sangat bersemangat untuk mengelola perpustakaan ini dan menambah jumlah koleksi bukunya. “Saat ini koleksi buku yang ada baru 600 buku,” sebut Mirsal.

Mirsal mengatakan bahwa kegemaran membaca buku sangat penting bagi masyarakat. Buku merupakan sumber ilmu dan ilmu yang didapat dari buku itu lebih mendalam. “Ilmu yang kita dapat dari membaca buku berbeda dengan ilmu dari warung kopi,” paparnyanya.

perpustakaan kelurahan tangkerang labuai

Kepala Dispusip Pekanbaru, Nelfiyonna, mengatakan bahwa dalam menjadikan Pekanbaru menjadi Smart City, dibutuhkan enam pilar, salah satunya yakni smart people. Keberadaan perpustakaan di masyarakat jadi salah satu faktor pendukung smart people tersebut.

“Jika masyarakatnya sudah cerdas, untuk mencapai pilar lainnya tidaklah sulit. Untuk itu Pemko Pekanbaru sangat mendukung terbentuknya fasilitas baca di tempat pelayanan, termasuk di Kantor Lurah,” kata Nelfiyonna.

Untuk mendorong terbentuknya perpustakaan di masyarakat, tidak bisa hanya mengandalkan APBD saja. Nelfiyonna mengatakan bahwa pemerintah hanya memicu terbentuknya perpustakaan, sementara pengembangannya harus datang dari masyarakat.

perpustakaan kelurahan tangkerang labuai 6

“Jika keinginan kuat, anggaran tidal menjadi kendala. Perpustakaan masih dapat dibuat dari program CSR, sumbangan buku-buku, dan juga bantuan dari masyarakat,” terang Nelfiyonna.

Nelfiyonna mengatakan bahwa Pemko melalui Dispusip sangat mendukung masyarakat yang ingin membentuk perpustakaan. Dispusip juga dapat memberikan pembinaan pengelolaan perpustakaan kepada masyarakat.

perpustakaan kelurahan tangkerang labuai 4

#AyoMembaca #BukuPerpustakaanUmumKotaPekanbaru #DispusipPekanbaru
#salamLiterasi#ayokeperpustakaan#Ayomembaca#perpustakaan #kearsipan
#budayabaca#perpussemakinbaik #mobilkelilingperpustakaan#Indonesia
#Dispusip #Pekanbaru #AyoKePerpustakaan #AyoJagaArsip #TertibArsip
#perpustakaan #pustaka #pustakawan #arsip#dokumen #library #librarian #book
#archive #history #bandarayamelayu #bandarserimelayu
#SalamLiterasi
#SalamSmart
BACA & PINJAM >>> GRATISSS
————————
Yuuuk kunjungi,..
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru
Jl. Dr. Sutomo No. 1 Pekanbaru.
Telpon : (0761) 859318
Email : bpadkotapekanbaru@gmail.com
Website : https://www.dispusip.pekanbaru.go.id
Twitter : https://www.twitter.com/DispusipPKU
Facebook : https://www.facebook.com/dispusip.Pku
Instagram : https://www.instagram.com/dispusippku/
-SALAM SMART-

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.