Keluarga Alm. Arifin Achmad Terima Pinangan Penganugerahan Gelar Adat dari LAM Riau

PEKANBARU –  Nama Arifin Achmad pasti sudah tidak asing lagi terdengar di telinga masyarakat Riau, apalagi Pekanbaru. Arifin Achmad merupakan nama Gubernur Riau pada periode 1966-1978. Atas jasa-jasa yang diberikannya bagi masyarakat Riau, namanya kini diabadikan menjadi nama salah satu jalan raya yang cukup sibuk di Pekanbaru.

Arifin Achmad juga merupakan seorang anggota TNI-AD dengan pangkat terakhir Brigadir Jenderal. Perwira tinggi ini ditunjuk oleh Presdien Soeharto pada saat itu untuk memimpin Riau dalam  menentang Pemerintahan Hindia Belanda di Riau. Selain berjuang dalam mempertahankan kedaulatan Indonesia di Riau, Arifin Achmad juga memiliki banyak jasa dalam pembangunan Riau.

1

Untuk mengenang kembali jasa-jasa dari Brigjen TNI (Purn.) H. Arifin Achmad yang kini sudah wafat, Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau berencana untuk memberikan gelar adat kepada almarhum. Untuk itu pada Senin (3/8/2020) pagi, Majelis Kerapatan Adat LAM Riau beserta Pengurus Harian LAM Riau melakukan kegiatan Lamaran Anugerah Gelar Adat Masyarakat Melayu Riau kepada keluarga alm. Arifin Achmad di rumahnya. Arifin Achmad direncanakan akan dianugerahkan gelar Datuk Seri Indera Perkasa Negeri.

2

Kegiatan ini dilaksanakan di kediaman keluarganya di Jalan Sumatra, Kulim, Pekanbaru. Hadir dalam pertemuan tersebut pihak  LAM Riau yang hendak meminang, dan juga pihak keluarga Arifin Achmad yang hendak dipinang.

Prosesi peminangan alm. Arifin Achmad untuk diberikan gelar adat berlangsung dengan khidmat. Proses peminangan dimulai pada pukul 10.00 dan berakhir pukul 11.00. Dari proses tersebut, pihak keluarga menerima pinangan tersebut dan akan dilakukan proses penabalan pada 8 Agustus 2020 mendatang.

Pengurus Majelis Kerapatan Adat LAM Riau, Raja Marjohan Yusuf, menyampaikan ungkapan terimakasihnya atas sambutan dari keluarga Arifin Achmad. Ia juga berharap segala proses penganugerah gelar adat ini berjalan dengan lancar.

3

“Semoga proses pemberian gelar adat ini berlangsung dengan baik untuk memberikan penghormatan kepada alm Arifin Achmad,” sebut Marjohan.

Sementara itu, perwakilan dari keluarga, Khairul Zainal yang merupakan keponakan dari juga almarhum juga menyambut baik hajat dari LAM Riau yang ingin memberikan gelar kehormatan kepada Arifin Achmad. “Kami sekeluarga merasa senang dan menerima lamaran ini,” sebutnya.

4

Di kesempatan ini juga, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pekanbaru ikut berpartisipasi dalam melakukan dokumentasi. Proses bersejarah ini akan menjadi arsip daerah yang akan dapat dilihat kembali di masa yang akan datang. “Kami berbahagia bisa membantu proses dokumentasi peristiwa bersejarah ini,” ujar Kepala Dispusip Pekanbaru, Ir Hj Nelfiyonna MSi.

Kegiatan ini pun berlangsung dengan cukup singkat dan khidmat. Dalam acara ini juga turut hadir secara virtual keluarga-keluarga dari Arifin Achmad, baik yang ada di luar kota maupun luar negeri. Dan menjelang siang, para tamu undangan berangsur meninggalkan rumah kediaman.

#dispusippku #arsip #infopku #pekanbaru #infopkucom #instagrampku #sejarah #budaya #photography #videography #culture #pekanbaru #riau #pku #pkulover #photooftheday #picture #heritage #history #like #me #galeri #gallery #foto #budayaindonesia #warisan #warisanbudaya #bandarayamelayu #adaapadipekanbaru #yokkepekanbaru
Gallery Arsip DISPUSIP Pekanbaru

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru

Jl. Dr. Sutomo No. 1 Pekanbaru.
Telpon : (0761) 859318
WA : 0813-7809-1515
Email : bpadkotapekanbaru@gmail.com
-SALAM SMART-

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :