Senin, 16 September 2019 Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru Ir. Hj. Nelfiyonna, M.Si membuka secara resmi seleksi duta baca Pekanbaru di Aula Perpustakaan Umum Kota Pekanbaru yang terletak di jl. Dr Sutomo No. 1. Dalam sambutannya, Ir. Hj. Nelfiyonna Menyebutkan “ duta baca adalah seorang figur yang mempunyai kelebihan dan keistimewaan dalam bidang membaca serta harus memiliki integritas, komitmen dan etika yang baik sehingga duta baca nantinya mampu menjadi tauladan bagi masyarakat dan menjadi inspirasi dalam pelaksanaan kegemaran membaca di masyarakat Pekanbaru”.

Kadispusip buka seleksi duta baca pekanbaru tahun 2019

Kadispusip buka seleksi duta baca pekanbaru tahun 2019

Duta baca mulai diperkenalkan oleh Perpustakaan Nasional sejak tahun 2006 dengan mengangkat “Duta Baca Indonesia” sebagai icon minat baca di Indonesia. Duta baca sendiri memiliki masa jabatan tertentu seperti Tantowi Yahya untuk periode 2006 – 2010, Andi F Noya untuk periode tahun 2011-2015 dan 2016 – sekarang adalah Najwa Shihab sebagai duta baca Indonesia. Tugas utama duta baca adalah sebagai motivator untuk meningkatkan minat baca masyarakat, serta sebagai pengungkit dalam memperkuat kegiatan Perpustakaan untuk mengkampanyekan Gerakan Nasional Pembudayaan Kegemaran Membaca secara sinergis dan berkelanjutan.

seleksi duta baca pekanbaru tahun 2019

foto bersama dengan calon duta baca pekanbaru tahun 2019

Pendaftaran peserta duta baca Pekanbaru sendiri telah dimulai sejak tgl 23 agustus lalu dan ditutup pada 6 september lalu. Dari berkas peserta yang dikirim melalui email, Peserta terdaftar  sebanyak 28 orang sebagai berikut :

No Nama Peserta No Nama Peserta
1 Adinsya 15 Mujawaroh Annafi
2 Aisyah Nur Hanifah 16 Neshayani Harahap
3 Armensyah Lubis 17 Novaliza
4 Astri Jasiana Nindy 18 Rahmat Dani
5 Aulia Purnama 19 Redyantino Susilo
6 Chandra Alfindodes 20 Rokhayani Yuslida Hannum
7 Diajeng Claudia Pahlawan 21 Selly Mitra Mailanda
8 Dinda Farida 22 Syaiful Anwar
9 Dody Rahman 23 Titin Tryyani
10 Dyah Purbo Arum Larasati 24 Wahyu Fitria
11 Hadonia Lazarus Manurung 25 Wilingga
12 Indra Purnama 26 Wita Wirawati
13 Kurnia Tri Ardilla 27 Yayat Setiawan
14 Listi Mora Rangkuti 28 Zalia Putri

Dari 28 Peserta yang mengirimkan berkas, semua dinyatakan lulus seleksi administrasi dan akan dilanjutkan dengan seleksi tahap berikutnya yaitu wawancara dengan dewan juri.

Dewan juri yang dipercaya dalam menyeleksi duta baca Pekanbaru tahun 2019 adalah :

  1. Junaidi M.Hum Dosen Universitas Lancang Kuning
  2. Nita Rimayanti M.Kom Dosen Ilkom Fisip UNRI dan Founder Pabrik Cerdas.
  3. Wamdi Jihadi, S.PdI Duta Baca Provinsi Riau
seleksi duta baca pekanbaru tahun 2019

seleksi duta baca pekanbaru tahun 2019

Dr. Junaidi M.Hum  sebagai ketua dewan juri menyebutkan “seleksi wawancara akan dilaksanakan selama 10 menit untuk setiap peserta dan 15 orang peserta akan dinyatakan lulus dan mengikuti seleksi tahap selanjutnya yaitu presentasi “. Beliau juga menambahkan bahwa peserta yang lulus wawancara akan diberikan waktu selama satu hari untuk mempersiapkan bahan presentasi dan ada 5 aspek yang akan dinilai dari presentasi yaitu :  1. Kemampuan menyampaikan,  2. Berargumentasi, 3. Substansi yg disampaikan,  4. Kreativitas  dan 5. Penampilan peserta secara umum.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :