Hibah buku dari “Sang Mantan”

oleh -102 views

Dalam pengelolaan perpustakaan, hibah buku menjadi salah satu cara perpustakaan untuk mendapatkan koleksi tambahan. Hibah buku ini bisa datang dari perseorangan, kelompok, CSR perusahaan, dan sebagainya. Untuk di Perpustakaan Kota yang dikelola oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Pekanbaru, salah satu sumber bukunya bahkan dari ASN yang bekerja di OPD tersebut.

mantan 1

Seperti yang dilakukan oleh Kasi Pelayanan Otomasi Perpustakaan, Edi Amin Jafar SSn, yang sudah menyumbangkan satu bukunya yang berjudul Laga dan Petualangan. Buku yang termasuk dalam Seri Sinema Dalam Sejarah karya Mark Wilshin ini mengulas tentang perjalanan sejarah film Hollywood yang bergenre laga dan petualangan. Buku itupun diserahkan oleh Edi yang sebelumnya Kasi Pengembangan Koleksi dan Pengolahan Bahan perpustakaan Dispusip Pekanbaru, jabatannya yang lama sebelum menempati jabatan saat ini.

“Jadi ini seperti hibah dari mantan,” kata Edi pada Rabu (29/1/2020).

Edi mengatakan bahwa hibah buku ini diharapkan bisa menambah khasanah koleksi buku di Dispusip Pekanbaru. Ia mengatakan bahwa rencananya, hibah buku ini akan dilaksanakannya sepanjang tahun 2020 dengan satu eksemplar buku tiap bulannya.

“Selain untuk memperkaya koleksi buku, saya juga ingin mengajak ASN lainnya untuk melakukan hal yang serupa dan berkelanjutan,” sebut Edi.

Hibah buku ini diterima langsung oleh Umulia Salmi SE MM selaku Kasi Pengembangan Koleksi dan Pengolahan Bahan Perpustakaan. Dengan menyumbangkan buku yang tidak terpakai dan layak baca ke perpustakaan, buku tersebut akan lebih terjaga. Buku tersebut juga akan lebih bermanfaat bagi orang banyak.

mantan

“Buku yang rusak juga bisa direservasi oleh Seksi Alih media dan Pelestarian yang saat ini dikelola oleh Bapak T Said Ismail SAp,” terang Edi.

Dengan arahan dari dari Kabid P2LP, Hj Risna Sari Dewi SIp, kata Edi pihaknya menerima hibah-hibah buku yang ditujukan ke Perpustakaan Pekanbaru. Termasuk di antaranya hibah buku dari ASN sendiri.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dispusip Pekanbaru, Ir Hj Nelfiyonna MSi mengatakan bahwa kegiatan hibah tersebut sebenarnya sudah dicanangkan oleh Walikota Pekanbaru. Hanya saja saat ini penerapannya belum optimal.

“Walikota sudah mengarahkan juga untuk setiap OPD mengumpulkan buku yang dihibahkan oleh pegawainya. Nantinya buku-buku terebut akan diserahkan ke kita untuk dikelola,” kata Nelfiyonna.

Nelfiyonna berharap kegiatan hibah buku bisa dioptimalkan dan dilaksanakan oleh seluruh pihak di lingkup Dispusip maupun di OPD lain di Pemko Pekanbaru.

#AyoMembaca #BukuPerpustakaanUmumKotaPekanbaru #DispusipPekanbaru
#salamLiterasi#ayokeperpustakaan#Ayomembaca#perpustakaan #kearsipan
#budayabaca#perpussemakinbaik #mobilkelilingperpustakaan#Indonesia
#Dispusip #Pekanbaru #AyoKePerpustakaan #AyoJagaArsip #TertibArsip
#perpustakaan #pustaka #pustakawan #arsip#dokumen #library #librarian #book
#archive #history #bandarayamelayu #bandarserimelayu #BICorner
#SalamLiterasi
#SalamSmart
BACA & PINJAM >>> GRATISSS
————————
Yuuuk kunjungi,..
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru
Jl. Dr. Sutomo No. 1 Pekanbaru.
Telpon : (0761) 859318
Email : bpadkotapekanbaru@gmail.com
Website : https://www.dispusip.pekanbaru.go.id
Twitter : https://www.twitter.com/DispusipPKU
Facebook : https://www.facebook.com/dispusip.Pku
Instagram : https://www.instagram.com/dispusippku/
-SALAM SMART-

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.