Dukung Tata Kelola Kearsipan, ANRI Gelar Rakor PKPKT Tahun 2021

oleh -57 views

Pekanbaru – Dalam upaya membangun sinergisitas dalam mendukung pelayanan publik yang prima dan menjamin ketersediaan arsip yang autentik serta terpercaya antara kementerian dan pemerintah daerah terkait pengawasan. Pada Selasa (20/4/2021), Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menyelenggarakan rapat koordinasi program kerja pengawasan kearsipan tahunan (Rakor PKPKT) tahun 2021.

Acara yang dilaksakan secara virtual diikuti oleh pejabat fungsional kearsipan seluruh Indonesia itu sekaligus melaksanakan sosialisasi instrumen pengawasan kearsipan sekaligus pengumuman hasil pengawasan kearsipan tahun 2020. Dimana, Provinsi Riau meraih penghargaan pengawasan kearsipan kategori memuaskan dengan nilai 80,57.

Disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) ANRI, Dr. Muhammad Taufik, M.Si bahwa pelaksanaan rakor pengawasan untuk mendukung tata kelola kearsipan berkolaborasi setiap lembaga pemerintah baik pusat maupun daerah guna mewujudkan arsip autentik untuk indonesia maju.

“Bagaimana kita hari ini mewujudkan cita-cita nasional dengan peningkatan kompetensi dan komitmen bersama . Kedepan diharapkan arsip dapat dikelola dapat memenuhi autentisitas dan terpercaya sebagai bahan akuntabilitas kinerja yang mendorong tercapainya tertib arsip serta penyelamatan arsip sebagai memori kolektif dan jati diri bangsa,” ujar M Taufik.

Disamping itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru, Ir. Hj. Nelfiyonna, M.Si yang turut mengikuti acara rakor tersebut melalui zoom meeting menyampaikan pengawasan kearsipan sangat diperlukan sebagai upaya memastikan pemerintah daerah sebagai penyelenggara kearsipan mematuhi dan taat melaksanakan kearsipan sesuai peraturan perundang-undangan.

“Apa yang disampaikan dalam rakor sangat bermanfaat bagi kita guna mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang akuntabilitas dan transparansi dengan penerapan penyelenggaraan kearsipan yang baik,” ungkapnya.

Hadir dalam Rakor PKPKT sekitar 800 orang peserta dari kementerian dan pemerintah daerah Provinsi/kabutan/kota. Sementara dari Kota Pekanbaru acara diikuti oleh Kadispusip Kota Pekanbaru, Ir. Hj. Nelfiyonna, M.Si, Sekretaris Dispusip Kota Pekanbaru, Nofrita Deli, S.Pd,.M.Si dan pejabat fungsional kearsipan yang ada dilingkungan Dispusip Kota Pekanbaru dengan menerapkan protokol kesehatan.

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.