Dukung Gerakan Literasi, Mendagri Buka Rakornas Bidang Perpustakaan Tahun 2020

oleh -26 views

Pekanbaru – Pemukulan gong oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian menandai secara resmi pembukaan rapat koordinasi nasional bidang perpustakaan yang dihelat selama tiga hari, yakni 25-27 Februari 2020 di Ballroom Birawa Hotel Bidakara, Jakarta.

mendagriii

Mengusung tema “Inovasi dan kreativitas pustakawan dalam penguatan budaya literasi untuk mewujudkan SDM unggul menuju Indonesia maju” diharapkan bisa menjadi momentum untuk mendukung gerakan literasi di berbagai sektor lewat penguatan pustakawan.

Dalam paparan Tito Karnavian terkait literasi bangsa Indonesia berdasarkan riset Unesco pada 2018 Indonesia berhasil menempati peringkat ke 17, naik dari sebelumnya diposisi ke 60 dari 61 negera menunjukan rendahnya minat baca pada 2013.

mendagri

“Maka, kami di Kemendagri bersungguh-sungguh mendukung rencana baik dan program yang dilaksanakan Perpusnas. Rakornas ini acara besar dan penting bagi bangsa untuk mengupayakan gerakan literasi,” kata Tito Karnavian dalam penyataannya.

Kepala Perpusnas RI, Muhammad Syarif Bando mengatakan untuk meningkatkan indeks literasi penting untuk membangun kegemaran membaca ditengah masyarakat terlebih dahulu. Tidak kurang dari 1500 peserta dari seluruh dinas perpustakaan, Bappeda, forum perpustakaan, asosiasi penerbit, penggiat literasi, pustakawan dan lainnya memeriahkan kegiatan Rakornas tersebut.

“Perpustakaan bukan lagi gudang buku, tapi telah menjadi tempat transfer ilmu pengetahuan. Perpustakaan hari ini harus mampu mentransfer knowledge kepada orang yang membutuhkan,” Ucapnya.

WhatsApp Image 2020-02-25 at 19.28.03

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru, Ir Hj Nelfiyonna MSi beserta Kepala Bidang turut hadir dalam Rakornas itu. Ia mengatakan dengan memanfaatkan ilmu dan informasi buku-buku berkualitas yang mudah didapatkan di perpustakaan akan membantu mencerdaskan anak bangsa.

“Dengan dukungan semua pihak dalam memajukan pengembangan perpustakaan dan literasi Indonesia. Dengan membaca akan menghasilkan SDM unggul,” Ungkap Nelfiyonna.

#AyoMembaca #BukuPerpustakaanUmumKotaPekanbaru #DispusipPekanbaru
#salamLiterasi#ayokeperpustakaan#Ayomembaca#perpustakaan #kearsipan
#budayabaca#perpussemakinbaik #mobilkelilingperpustakaan#Indonesia
#Dispusip #Pekanbaru #AyoKePerpustakaan #AyoJagaArsip #TertibArsip
#perpustakaan #pustaka #pustakawan #arsip#dokumen #library #librarian #book
#archive #history #bandarayamelayu #bandarserimelayu #BICorner
#SalamLiterasi
#SalamSmart
BACA & PINJAM >>> GRATISSS
————————
Yuuuk kunjungi,..
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru
Jl. Dr. Sutomo No. 1 Pekanbaru.
Telpon : (0761) 859318
Email : bpadkotapekanbaru@gmail.com
Website : https://www.dispusip.pekanbaru.go.id
Twitter : https://www.twitter.com/DispusipPKU
Facebook : https://www.facebook.com/dispusip.Pku
Instagram : https://www.instagram.com/dispusippku/
-SALAM SMART-

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.