DPK Pekanbaru mendapatkan nilai kepatuhan tertinggi

oleh -230 views

Nilai Kepatuhan Pemerintah Daerah terhadap Standar Pelayanan Publik sesuai Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik pada periode penilaian 2016 khusus Pemerintah Kota Pekanbaru mendapatkan nilai yang cukup bagus yaitu 79,42. Nilai ini merupakan nilai rata-rata dari 11 Satuan Kerja Perangkat Daerah (dinas dan badan). Hal ini disampaikan pihak Ombudsman Riau dalam pertemuan antara Ombudsman dengan Pemerintah Kota Pekanbaru hari Rabu (8/2/2017).

DPK Pekanbaru raih nilai kepatuhan tertinggi

Dalam hal ini, Ombudsman sebagai penilai kepatuhan pemerintah daerah terhadap Standar Pelayanan Publik mengeluarkan daftar hasil Nilai Kepatuhan tersebut dan diketahui bahwa Badan Perpustakaan dan Arsip (sekarang Dinas Perpustakaan dan Kearsipan) Kota Pekanbaru mendapatkan nilai tertinggi yaitu 98 dengan 3 pelayanan publik yang dinilai yaitu Pelayanan Pembuatan Kartu Anggota Perpustakaan, Pelayanan Peminjaman Buku dan Pelayanan Informasi Kearsipan. Ombudsman memberi tanda hijau atas SKPD tersebut yang berarti SKPD yang memiliki Tingkat Kepatuhan Tertinggi.

Ombudsman melakukan penilaian ini selain berdasarkan amanat Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, tetapi juga berdasarkan survey dari Political Economic Risk Consultancy (PERC) tahun 2013 yang menghasilkan Indonesia masih di bawah Vietnam, Filipina, Thailand, Malaysia, Taiwan, Korsel, Macau, Jepang, Hongkong, dan Singapura.

Kemudian hasil survey Indeks Persepsi Korupsi (TII) tahun 2014 menghasilkan Peringkat Indonesia naik dari 114 ke 107. Dalam hal ini bahwa Indonesia masih dianggap negara korupsi dan hasil survey ini juga membuktikan bahwa Indonesia masih jauh di bawah negara-negara tetangga seperti Filipina, Thailand, Malaysia dan Singapura.

Dalam pertemuan itu, Ombudsman menyampaikan faktor-faktor penilaian dilakukan terhadap 11 dinas dan badan se-Kota Pekanbaru sebagai berikut :

Standar Pelayanan Publik :
Persyaratan
Sistem, Mekanisme dan Prosedur
Produk Pelayanan
Jangka Waktu Penyelesaian
Biaya/Tarif

Maklumat Layanan :
Ketersediaan Maklumat Layanan

Sistem Informasi Pelayanan Publik :
Ketersediaan Informasi Pelayanan Publik Elektronik atau Nonelektronik (booklet, pamflet, website, monitor televisi, dll)

Sarana dan Prasarana, Fasilitas :
Ketersediaan ruang tunggu
Ketersediaan toilet untuk pengguna layanan
Ketersediaan loket/meja pelayanan

Pelayanan Khusus :
Ketersediaan Sarana khusus bagi pengguna layanan berkebutuhan khusus (ram, rambatan, kursi roda, jalur pemandu, toilet khusus, ruang menyusui, dll)
Ketersediaan Pelayanan khusus bagi pengguna layanan berkebutuhan khusus

Pengelolaan Pengaduan :
Ketersediaan Sarana Pengaduan (SMS/Telpon/Fax/Email, dll)
Ketersediaan informasi prosedur dan tatacara penyampaian pengaduan
Ketersediaan Pejabat/Petugas pengelola Pengaduan

Penilaian Kinerja :
Ketersediaan Sarana Pengukuran Kepuasan Pelanggan

Visi, Misi dan Motto Pelayanan :
Ketersediaan Motto Pelayanan
Ketersediaan Visi dan Misi Pelayanan

Atribut :
Ketersediaan Petugas Penyelenggaran menggunakan ID Card

————————————————-
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru

Jl. Dr. Sutomo No. 1 Pekanbaru.
Telpon : (0761) 859318
Email : bpadkotapekanbaru@gmail.com
Website : bpa.pekanbaru.go.id
Twitter : @DpkPekanbaru
Facebook : facebook.com/DpkPekanbaru
Instagram : @ipekanbaru.id

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.