Dispusip Raih Peringkat Kedua Antar OPD se-Kota Pekanbaru

Pekanbaru – Bersempena Hari Jadi Pekanbaru ke-236, Pemerintah Kota Pekanbaru, menggelar sejumlah kegiatan untuk meramaikan hari bersejarah tersebut. Dalam kesempatan ini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Pekanbaru ikut ambil andil untuk memeriahkannya.

persemian nama Perpustakaan Umum Kota Pekanbaru menjadi Perpustakaan Tenas Effendy

Peresmian nama Perpustakaan Umum Kota Pekanbaru menjadi Perpustakaan Tenas Effendy

Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ini, Dispusip menggelar berbagai kegiatan mulai dari seminar, perlombaan, serta peresemian nama Perpustakaan Umum Kota Pekanbaru menjadi Perpustakaan Tenas Effendy. Selain itu, Dispusip juga berpartisipasi dalam lomba yang diadakan Pemko di mana Dispusip berhasil meraih peringkat kedua pada Lomba Pembangunan Kota Pekanbaru antar-OPD.

Dalam perlombaan tersebut, Dispusip menampilkan video pembangunan Kota Pekanbaru yang fokus pada pembangunan manusia atau smart people. Dispusip menamai video tersebut dengan Perpustakaan Digital Penyokong Smart City Madani. Video tersebut berhasil meraih terbaik kedua mengalahkan 27 OPD lainnya, selain DPMPTSP.

h

Selain mengikuti lomba, Dispusip menaja enam lomba dalam rangka Hari Jadi Pekanbaru. Perlombaan tersebut yakni Lomba Fotografi, Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat SMA/SMK/MA, Lomba Desain Grafis untuk SMP-SMA, Lomba Menulis Cerpen untuk SMP/MTs, dan Lomba Membaca Puisi Virtual untuk SD/MI.

Dari enam lomba tersebut, lima diantaranya diumumkan di acara puncak Peringatan Hari Jadi Pekanbaru ke-236 di Kantor Walikota Pekanbaru, Tenayan Raya.

d

Di kesempatan ini juga, Perpustakaan Umum Kota Pekanbaru resmi bergantinama menjadi Perpustakaan Tenas Effendy Kota Pekanbaru. Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Walikota Pekanbaru, Dr H Firdaus ST MT.

Kepala Dispusip Pekanbaru, Ir Hj Nelfiyonna MSi, menyebutkan bahwa Dispusip bersemangat dalam memeriahkan Hari Jadi Pekanbaru ini. Meski di tengah wabah Covid-19, tidak menyurutkan OPD ini dalam menyelenggarakan kegiatan yang produktif. Kegiatan yang masih diselenggarakan dan akan diselenggarakan oleh Dispusip yakni Diskusi Online bertajuk Kongkow Sore Literasi (KORELASI) bersama dengan Forum Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Pekanbaru. Dispusip juga akan mengadakan Webinar Nasional yang direncanakan akan dilaksanakan pada awal Juli 2020 mendatang.

“Kita mengadakan kegiatan dengan tema Kotaku di Masa Pandemi Covid-19 untuk mendorong masyarakat sesuai dengan tema Hari Jadi Pekanbaru yakni Bersempena Hari Jadi Pekanbaru Mari Kita Tingkatkan Kewaspadaan Terhadap Covid-19 dengan Tatanan Hidup Baru dalam Pemulihan Ekonomi menuju Smart City Madani,” ujar Nelfiyonna.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :