Dispusip Pekanbaru Teken MoU Literasi Dengan Rtv

oleh -648 views

Pekanbaru – PT Riau Media Televisi atau dikenal Riau Televisi (Rtv) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru terkait dengan upaya peningkatan literasi kepada masyarakat melalui media.

Kegiatan MoU dilaksanakan pada Sabtu (27/03/2021) di Beranda Tenas Effendy Lantai 2 Perpustakaan Tenas Effendy Kota Pekanbaru. Acara dihadiri langsung Direktur Utama Rtv, H. Zulmansyah Sekedang, Kepala Dispusi Pekanbaru, Ir. Hj. Nelfiyonna, M.Si, Kabid P4KM, Robert Panjaitan, SE dan lainnya.

“Beberapa kegiatan dalam kerjasama ini telah kami sepakati. Misalnya dalam mengelar lomba mendongeng untuk anak-anak maupun publikasi kegiatan perpustakaan. Dengan begitu, Perpustakaan Tenas Effendy Kota Pekanbaru semakin terkenal, lebih banyak dikunjungi masyarakat, khususnya anak didik,” katanya.

Perpustakaan Tenas Effendy yang berada di Jalan Dr Sutomo nomor 1 itu memiliki koleksi buku yang sangat banyak. Hal ini tampak dari deretan buku yang tersusun rapi didalam rak ruang perpustakaan, ruang kreativitas anak (RKA) maupun ruang referensi.

“Tapi di rak digital juga banyak (ipekanbaru,red). Namun memang publikasinya masih terbatas, sehingga belum banyak masyarakat yang mengetahuinya. Harapannya setelah kerjasama banyak masyarakat yang tahu dan semakin banyak pula kunjungan ke perpustakaan,” jelasnya.

Kesepakatan itu, ungkap Nelfiyonna menjadi salah satu wujud komitmen pemerintah Kota Pekanbaru untuk meningkatkan indeks literasi masyarakat berkolaborasi dengan instansi, komunitas, dunia usaha dan media massa. “Perpustakaan tidak bisa berjalan sendiri tanpa adanya kemitraan dengan elemen masyarakat. Sebesar apapun kegiatan perpustakaan, jika tidak di publikasikan. Maka, tidak ada artinya. Sekecil apapun akan bermakna dan harga tawar yang besar bagi lembaga perpustakaan jika di publikasikan,” jelasnya.

Sebagai langkah awal, kerjasama ini diwujudkan dalam penggunaan fasilitas perpustakaan untuk pengambilan gambar kegiatan anak-anak mendongeng yang akan disiarkan selama bulan ramadhan. Kegiatan literasi ini tentunya diharapkan dapat memotivasi masyarakat, terutama generasi muda untuk suka membaca, menulis bersumber dari perpustakaan.

“Terimakasih kepada Rtv yang telah merespon upaya pengembangan minat baca dan menulis ditengah masyarakat. Untuk mengisi waktu bulan ramadhan, anak-anak mendongeng hingga cerita-cerita islami yang disiarkan Rtv sebagai media elektronik terdepan bagi masyarakat Pekanbaru,” pungkasnya.

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.