DISPUSIP mengadakan Lomba Membuat Sinopsis Buku dengan Tema Kepahlawanan dalam rangka memperingati Hari Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca

oleh -150 views

Pekanbaru, Kamis (25/10/2018) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru mengadakan Lomba Membuat Sinopsis Buku dengan Tema Kepahlawanan dalam rangka memperingati Hari Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca. Acara ini diadakan pada Perpustakaan Umum lantai 2 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru Jalan Dr. Sutomo No. 1 Pekanbaru.

Dalam sambutan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru Ir. Hj.Nelfiyonna, M.Si menyampaikan bahwa kemajuan peradaban suatu masyarakat ditandai dengan tingkat literasi yang tinggi. Berdasarkan survei minat baca yang dilakukan oleh Perpusnas RI tahun 2016, Riau mendapat nilai yang sangat memprihatinkan yaitu berada pada nilai 24.9 skala likert dengan keterangan sangat rendah. Untuk itu menjadi pr kita bersama bagaimana meningkatkan minat baca generasi muda kita agar mampu bersaing dalam tingkat nasional maupun internasional. Hari ini, tepat pada tanggal 25 oktober 2018 merupakan hari gerakan pemasyarakatan minat baca (GPMB) yang dicanangkan oleh menko kesra pada tahun 2001 silam. Untuk itu, kami mengucapkan selamat hari pemasyarakatan minat baca. Melalui momentum ini, kami mengundang adik-adik dari sekolah SMP sederajat untuk mengikuti lomba sinopsis buku. Yang mana tujuan dari lomba ini adalah meningkatkan minat baca adik-adik sekalian. Sekaligus belajar untuk menulis sinopsis buku yang baik dan benar.

10

15

4

7

IMG_8939

IMG_8958

IMG_8960

Dalam Lomba Membuat Sinopsis Buku dengan Tema Kepahlawanan di ikuti oleh 8 Sekolah, diantaranya SMPN 14 Pekanbaru, SMPN 4 Pekanbaru, MTSN 1 Andalan Pekanbaru, SMPN 13 Pekanbaru, SMPN 5 Pekanbaru, SMPN 10 Pekanbaru, SMPN 1 Pekanbaru, SMPN Kartika Pekanbaru.

Gambaran  SINOPSIS
Sinopsis atau synopsis kata Iain dari synopical yang bermakna ringkas. jadi berasal dari kata tersebut sinopsis dapat diartikan ringkasan dari suatu materi tulisan yang panjang, baik itu tulisan fiksi maupun nonfiksi atau esai, dan dalam penulisan sinopsis tidak membutuhkan gaya bahasa dan penjelasan-penjelasan yang luas, akan tetapi isi atau gagasan umum lebih diutamakan.
Hal-hal yang diperhatikan dalam membuat sinopsis :
1. Identitas Buku: Judul, Pengarang, Penerbit, Tahun Terbit
2. Alur Cerita : Kesesuaian dengan cerita asli, Keruntunan penalaran, Bahasa (Ejaan, Pilihan Kata Kalimat, Paragraf)

Peserta yang merahi juara dalam Lomba Membuat Sinopsis Buku dengan Tema Kepahlawanan yaitu :
1. Haniifah Nabiilah dari SMPN 5 Pekanbaru
2. Sakinah Mawaddah Warahmah dari SMPN 14 Pekanbaru
3. Anggit seti Rahayu dari SMPN 10 Pekanbaru

Selamat kepada para pemenang Lomba Membuat Sinopsis Buku dengan Tema Kepahlawanan. Semoga bisa menjadi penulis sinopsis buku yang baik dan benar.

#AyoMembaca #BukuPerpustakaanUmumKotaPekanbaru#DispusipPekanbaru #Dispusip #Pekanbaru #AyoKePerpustakaan
#AyoJagaArsip #TertibArsip #perpustakaan #pustaka #pustakawan #arsip#dokumen #library #librarian #book
#archive #history #bandarayamelayu #bandarserimelayu
#SalamLiterasi
#SalamSmart
BACA & PINJAM >>> GRATISSS
————————
Yuuuk kunjungi,..
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru
Jl. Dr. Sutomo No. 1 Pekanbaru.
Telpon : (0761) 859318
Email : bpadkotapekanbaru@gmail.com
Website : https://www.bpa.pekanbaru.go.id
Twitter : https://www.twitter.com/DispusipPKU
Facebook : https://www.facebook.com/dispusip.pekanbaru
Instagram : https://www.instagram.com/dispusippku/
-SALAM SMART-

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.