Dispusip Lakukan Pembinaan Perpustakaan Sekolah ke SMAN 5 Pekanbaru

oleh -977 views

Pekanbaru – Kebijakan strategis pendidikan nasional untuk meningkatkan indeks literasi dan indeks membaca pada generasi muda perlu didukukung dengan perpustakaan sekolah yang sesuai dengan standar nasional. Untuk itu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru menyelenggarakan pembinaan perpustakaan ke Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 5 Pekanbaru pada Kamis (25/03/2021).

“Jika dulu perpustakaan isinya hanya buku paket. Sekarang buku di perpustakaan harus 80 persen merupakan buku pengayaan maupun buku penunjang. Perpustakaan nyaman, koleksi buku yang bagus dan tenaga perpustakaan yang ramah akan membuat siswa merasa homie (seperti dirumah,red),” ungkap Kepala Dispusip Kota Pekanbaru, Ir. Hj. Nelfiyonna, M.Si.

Untuk menjadikan perpustakaan tempat belajar, rekreasi maupun pusat inovasi dan kreativitas. Ia mengatakan komitmen kepala sekolah dan jajarannya diperlukan dengan berpedoman dengan peraturan. Diantaranya, Permendiknas Permendikbud No 24 Tahun 2007 Tentang Standar Sarana Dan Prasarana Untuk SD/MI/SMP/MTS/SMA/MA, UU Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan dan lainnya.

“Perpustakaan sekolah masuk dalam prioritas kedua setelah ruang belajar. Tapi kenapa sampai saat ini baru 8,64 persen saja perpustakaan sekolah yang seusai standar dari total 753 perpustakaan sekolah yang ada. Dengan pembinaan ini diharapkan dapat memajukan kualitas perpustakaan sekolah guna mewujudkan smart people yang madani. Sekolah yang semangat dibina, kami juga semangat untuk membina,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 5 Pekanbaru, Hj. Elmi Gurita, M.Pd berharap pembinaan yang dilakukan tim Dispusip Pekanbaru dapat memberikan masukan dan arahan yang membangun dalam pengelolaan perpustakaan sekolah. Dengan begitu, Perpustakaan Cahaya Aksara SMAN 5 bisa menjadi perpustakaan terbaik se Nasional.

“Anggaplah kami sebagai anak. Perpustakaan Cahaya Aksara SMAN 5 bisa dibina oleh Dispusip supaya bisa berkembang kearah yang baik, dengan berbagai inovasi dan tenaga pengelola yang berkualitas. Kami siap dibina dan diarahkan,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, para Pustakawan Madya Dispusip Pekanbaru, seperti Syahyarwan Zam, SE.,M.Si, Reni Prasetyawati, S.Pi.,M.Si, H.Ahyar, S.Kom, S.IP, M.Kom dan Dra. Hj. Kamalasia Rio Nita, M.Pd turut hadir memberikan masukan dan saran terkait inovasi, kreasi hingga pengisian borang dalam perlombaan perpustakaan sekolah.

#salamLiterasi #ayokeperpustakaan
#Ayomembaca #perpustakaan #kearsipan
#SalamLiterasi
#SalamSmart
BACA & PINJAM >>> GRATISSS
————————
Yuuuk kunjungi,..
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru
Jl. Dr. Sutomo No. 1 Pekanbaru.
Telpon : (0761) 859318
WA : 0813-7809-1515
Email : bpadkotapekanbaru@gmail.com
Website : https://www.dispusip.pekanbaru.go.id
Twitter : https://www.twitter.com/DispusipPKU
Facebook : https://www.facebook.com/dispusip.Pku
Instagram : https://www.instagram.com/dispusippku/

-SALAM SMART-

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.