Dispusip Kota Pekanbaru Terapkan Program SIKD dan Minat Baca Jemput Bola

oleh -45 views
Dispusip Kota Pekanbaru Terapkan Program SIKD dan Minat Baca Jemput Bola

Dalam rangka mewujudkan pekanbaru smart city yang madani, dinas perpustakaan dan kearsipan kota pekanbaru, salah satu organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan pemko pekanbaru yang mempunya peran penting dalam mencerdaskan bangsa dan generasi muda kota pekanbaru. Sesuai tugas pokok dan fungsi (Tupoksi).

            Dengan berpedoman dengan standar operasional pelayanan (SOP), Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Pekanbaru, telah mencetuskan berbagai program dengan tujuan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Demikian disampaikan kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Pekanbaru, Ir. Hj. Nelfiyonna, Msi, melalui kepala bidang (KABID) pembinaan pengembangan dan kebudayaan kegemaran membaca Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Pekanbaru, Syahyarwan Zam diruang kerjanya, belum lama ini.

Dispusip Kota Pekanbaru Terapkan Program SIKD dan Minat Baca Jemput Bola

            Dikatakan Syahyarwan, salah satu terobosan terbaru yang telah dilakukan Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Pekanbaru adalah, penerapan sistem informasi dinamis (SIKD). Dalam program ini, pihaknya merobah sistem lama yang dikerjakan secara manual menjadi berbasis online. Sehingga kearsipan menjadi akurat dan akuntabel, terangnya.

Dalam operasionalnya, para petugas Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Pekanbaru yang berlatar belakang memiliki keahlian bidan informasi teknologi (IT) menggunakan beberapa unit komputer untuk memproses program informasi kearsipan tersebut.

            Dijelaskan Syahyawan, program informasi kearsipan dinamis ini selain sudah berjalan dengan baik dilingkungan Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Pekanbaru, juga sudah terintegerasi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru. Antara lain, badan kepegawaian daerah (BKD) Kota Pekanbaru, Dinas Pertanian dan Perikanan dan BPKAD Kota Pekanbaru, urainya.

            Dengan diterapkannya program terbaru Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Pekanbaru ini, sehingga pengarsipan surat yang masuk dan keluar bisa dilihat secara online, begitu juga dengan alur surat bisa dilihat dan di teruskan kemana surat itu di posisikan. Bila ada surat masuk dan akan keluar bisa kita ketahui lebih cepat. Begitu juga kemana surat itu diteruskan bisa dengan cepat sampai ke pihak yang bersangkutan.

            Dicontohkannya , “jika ada surat masuk atau surat keluar maka dengan cepat para pegawai atau kepala dinas bisa langsung melihatnya dan akan diteruskan kebidang mana”.

            Ditambahkan Syahyarwan lagi, program kerja sistem informasi kearsipan dinamis (SIKD) yang telah diterapkan sekranag ini, selain cara kerjanya dinamis, informasi yang disampaikan lebih akurat dan praktis. Juga bisa di akses melalui handphone android dan handphoe lainnya yang memiliki jaringan internet, jelasnya.

            Lebih jauh dikatakan syahyarwan zam, program sistem informasi kearsipan dinamis ini, baru terintegerasi dengah beberapa OPD di lingkungan pemko pekanbaru. Nantinya jika semua sudah berjalan dengan lancar, termasuk dalam perizinan aplikasinya, maka seluruh OPD akan terkoneksi.

            “Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Pekanbaru berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik sesuai denga visi misi pemko pekanbaru dan cita-cita kita bersama dalam mewujudkan pekanbaru smart city yang madani,” sebutnya.

Jemput bola dalam upaya meningkatkan minat baca masyarakat dan anak-anak

            Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Pekanbaru untuk mencerdaskan masyarakat dan pelajar terus digesa. Selain melengkapi sarana prasarana diruang pustaka umum yang terletek dilantai II gedung pustaka Dan Kearsipan Kota Pekanbaru, OPD Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Pekanbaru juga mengembangkan pelayanan didua taman bacaan yang ada dipekanbaru serta terjun langsung keberbagai kawasan dengan menggunakan mobil pustaka keliling (Jemput Bola). Demikian disampaikan kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Pekanbaru, melalu kepala bidang, bapak Syahyarwan Zam.

            Diuraikan Syahyarwan, pustaka saat ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas, diantaranya;Ruang Kreativitas Anak yang dilengkapi dengan alat musik tradisional, Keyboard dan permainan tradisional. Namun sebelum menggunakan alat-alat tersebut, anak-anak diwajibkan membaca terlebih dahulu sekitar 30 menit dan memiliki kartu anggota,terangnya.

            Sementara pelayanan diluar gedung pustaka, pihaknya juga mengembangkan pelayanan di dua taman bacaan. Yakni taman bacaan masyarakat Rumbai (JL. Yossudarso) dan taman bacaan di JL.Tambelan. di masing-masing taman bacaan tersebut telah diisi sekitar 4000 buku. Layanan ditaman bacaan tersebut di buka setiap hari dan tidak dipungut bayaran alias gratis,terangnya. Sejak awal 2010 Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Pekanbaru gencar melakukan pustaka keliling. Dalam program tersebut, pustaka telah memiliki 4 unit mobil pustaka (Posteling) yang bekerja setiap hari dan turun langsung keberbagai lokasi, di antaranya; Sekolah Dasar dan tempat-tempat strategis. Posteling juga memberikan pelayanan khusus di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) anak dan perempuan Pekanbaru pada hari jum’at dan sabru. Pada hari minggu posteling juga memberikan pelayanan di car free day (CFD). Selain jadwal tetap tersebut, posteling juga bersedia di undang pihak sekolah, jika ada kegiatan khusus. Artinya posteling bisa bekerja setiap hari,tuturnya.

            Apa yang dilakukan saat ini, merupakan komitmen Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Pekanbaru dalam mewujudkan visi misi Pekanbaru. Sebelumnya, sekretaris Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Pekanbaru, Syamsuir menyebutkan, Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Pekanbarumerupakan salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang memiliki peran penting dalam mewujudkan Pekanbaru Smart City. Cukup banyak program yang akan dicetuskan dalam memberikan pelayanan dan mencerdaskan masyarakat, yang tentunya harus didukung dengan ketersediaan anggaran. Dia berharap agar kedepan pemko Pekanbaru dapat mengalokasikan anggaran dengan skala periotas, sebutnya.

Sumber : Riau Pesisir Hal. 7

#DPK #Pekanbaru
#AyoKePerpustakaan #AyoJagaArsip #TertibArsip
#SalamSmart #DPKPekanbaru
 
——————————
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru
Jl. Dr. Sutomo No. 1 Pekanbaru.
Telpon : (0761) 859318
 
Email : bpadkotapekanbaru@gmail.com
Website : bpa.pekanbaru.go.id
Twitter : https://twitter.com/dpkpekanbaru
Facebook : facebook.com/DpkPekanbaru
Fanspage : https://www.facebook.com/BPAKotaPekanbaru
Instagram : https://www.instagram.com/ipekanbaru.id/
Apps Android : https://play.google.com/store/apps/details?id=mam.reader.ipekanbaru
Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.