Dispusip dan FLP Adakan Workshop Menulis Buku untuk Siswa SD dan SMP Sekota Pekanbaru

Menulis merupakan salah satu kemampuan berbahasa yang bersifat produktif. Untuk menghasilkan tulisan yang baik, seseorang harus banyak membaca. Untuk itu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Pekanbaru, bekerjasama dengan Forum Lingkar Pena (FLP) Riau menggelar kegiatan Workshop Menulis Buku.

workshop menulis buku 2019

Kegiatan ini dilaksanakan di Perpustakaan Umum pada Kamis (10/10/2019) pagi. Dalam workshop tersebut, ada dua pembicara yang dihadirkan, yakni Arlen Araguci dan Mulyati Umar. Keduanya merupakan penulis dari FLP yang sudah menghasilkan banyak karya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh ratusan siswa dari SD dan SMP se-Pekanbaru sebagai peserta. Mereka diberikan wawasan dan juga pelatihan langsung untuk menuliskan cerpen. Nantinya, karya mereka tersebut akan dikompilasi dalam bentuk antologi cerpen. Mulyati Umar, salah satu pembicara dalam kegiatan ini mengatakan bahwa dalam kegiatan ini, dirinya memberikan motivasi dan memberikan wawasan mengenai manfata dari menulis. Selain itu, ia juga memberikan praktik menulis cerpen yang langsung dilaksanakan oleh pesertai.

ibu mulyati umar

“Dari tulisan yang saya lihat, terdapat talenta-talenta berbakat yang dapat dikembangkan. Tinggal melakukan pemolesan saja karena mereka memang masih kecil,” kata Mulyati.

Mulyati menambahkan, dengana adanya penerbitan antologi novel oleh Dispusip, hal ini akan membuat bangga para peserta. Apalagi karya berbentuk tulisan bersifat abadi sepanjang sejarah. “Mereka juga natinya akan terus termotivasi untuk menulis,” sebutnya.

workshop menulis buku 1 2019

Hal senada juga disampaikan oleh Arlen Araguci. Ia mengatakan bahwa dengan kegiatan ini akan bisa menanamkan nilai gemar membaca dan menulis, sesuai dengan visi dari perpustakaan. Setelah pelatihan ini juga, ia juga berharap akan muncul karya-karya cerpen dan novel maupun karya non fiksi lainnya.

workshop menulis buku di dispusip pekanbaru 2019

“Antusiasme anak-anak ini sangat luar biasa. Namun seperti kita tahu, tantangan saat ini banyak anak-anak yang perhatiannya terpecah karena ada gadget. Ini membuat minat membaca anak-anak sedikit terkikis,” tutup Arlen.

workshop menulis buku di dispusip pekanbaru bersama flp pekanbaru

#FLP #FLPPekanbaru #Workshop #MenulisBuku
#AyoMembaca #BukuPerpustakaanUmumKotaPekanbaru #DispusipPekanbaru
#salamLiterasi#ayokeperpustakaan#Ayomembaca#perpustakaan #kearsipan
#budayabaca#perpussemakinbaik #mobilkelilingperpustakaan#Indonesia
#Dispusip #Pekanbaru #AyoKePerpustakaan #AyoJagaArsip #TertibArsip
#perpustakaan #pustaka #pustakawan #arsip#dokumen #library #librarian #book
#archive #history #bandarayamelayu #bandarserimelayu
#SalamLiterasi
#SalamSmart
BACA & PINJAM >>> GRATISSS
————————
Yuuuk kunjungi,..
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru
Jl. Dr. Sutomo No. 1 Pekanbaru.
Telpon : (0761) 859318
Email : bpadkotapekanbaru@gmail.com
Website : https://www.dispusip.pekanbaru.go.id
Twitter : https://www.twitter.com/DispusipPKU
Facebook : https://www.facebook.com/dispusip.Pku
Instagram : https://www.instagram.com/dispusippku/
-SALAM SMART-

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :