DISPUSIP dampingi Pengelolaan Arsip milik Badan Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru

oleh -30 views

Pekanbaru – Senin, 30 September 2019 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru melakukan Pendampingan Pengelolaan Arsip milik Badan Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru.

Pengelolaan Arsip milik Badan Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru

Perlu ada bagian tersendiri untuk mengelola semua data penting badan. Bila sudah pada kondisi demikian, pengelolaan arsip harus menerapkan manajemen arsip. Tugas manajemen arsip adalah menyusun data badan dari awal berdiri sampai saat ini. Arsip bisa berarti laporan dari setiap keputusan atau aturan dari satu badan. Arsip bisa berisi data keuangan, data karyawan dan data lainnya.

Pengelolaan Arsip milik Badan Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru 1

Pengertian arsip adalah catatan rekaman kegiatan atau sumber informasi dengan berbagai macam bentuk yang dibuat oleh lembaga, organisasi maupun perseorangan dalam rangka pelaksanaan kegiatan. Arsip dapat berupa surat, warkat, akta, piagam, buku, dan sebagainya, yang dapat dijadikan bukti sahih untuk suatu tindakan dan keputusan. Dengan adanya perkembangan teknologi, arsip dapat berbentuk audio, video dan digital.

Mengingat jumlah arsip yang semakin banyak dibuat dan diterima oleh lembaga, organisasi, badan maupun perseorangan maka diperlukan manajemen pengelolaan arsip yang lebih dikenal dengan sistem kearsipan melalui beberapa pekerjaan atau kegiatan untuk mengelola arsip yang ada.

Pengelolaan Arsip milik Badan Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru 2

Tujuan Manajemen Arsip

  1. Mencatat kebijakan atau keputusan dari satu perusahaan secara efektif dan komprehensif.
  2. Mengetahui berapa banyak jumlah arsip yang dimiliki.
  3. Mengatur bagaimana mekanisme kerja dari satu perusahaan melalui arsip tersebut.
  4. Membuat satu sistem kebijakan menjadi lebih praktis karena menggunakan berbagai macam kemajuan teknologi.
  5. Menyimpan history dari satu perusahaan dengan baik.

Fungsi Manajemen Arsip
Melakukan rencana awal, lalu mengatur organisasi, lalu melakukan pengarahan, sehingga kinerja perusahaan bisa diawasi dengan baik.
Setelah menyimpan arsip arsip tersebut, anda harus mengelola data tersebut dengan baik.
Kegiatan ini terdiri dari identifikasi hingga pemulihan data.

#DispusipPekanbaru
#salamLiterasi#ayokeperpustakaan#Ayomembaca#perpustakaan #kearsipan
#budayabaca#perpussemakinbaik #mobilkelilingperpustakaan#Indonesia
#Dispusip #Pekanbaru #AyoKePerpustakaan #AyoJagaArsip #TertibArsip
#perpustakaan #pustaka #pustakawan #arsip#dokumen #library #librarian #book
#archive #history #bandarayamelayu #bandarserimelayu
#SalamLiterasi
#SalamSmart
BACA & PINJAM >>> GRATISSS
————————
Yuuuk kunjungi,..
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru
Jl. Dr. Sutomo No. 1 Pekanbaru.
Telpon : (0761) 859318
Email : bpadkotapekanbaru@gmail.com
Website : https://www.dispusip.pekanbaru.go.id
Twitter : https://www.twitter.com/DispusipPKU
Facebook : https://www.facebook.com/dispusip.pekanbaru
Instagram : https://www.instagram.com/dispusippku/
-SALAM SMART-

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.