Dekranasda Pekanbaru Terima Lima Buku Pesona Baju Adat Pengantin Indonesia dari Ketua Harian Dekranas

oleh -608 views

Pekanbaru – Minggu (27/12/2020) pagi pukul 10.00 WIB, rombongan Bhayangkari Cabang Pekanbaru berkunjung ke Rumah Dinas Wakil Walikota Pekanbaru. Lawatan Ketua Bhayangkari Cabang Pekanbaru, Hj Ervina Nandang, beserta rombongan ini dilakukan dalam rangka penyerahan buku berjudul Pesona Baju Adat Pengantin Indonesia kepada Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Pekanbaru.

Pendistribusian buku ini merupakan inisiasi dari Ketua Harian Dekranas Tri Tito Karnavian dan Ketua Umum Bhayangkari Fitri Idham Azis untuk melestarikan budaya warisan dunia. Sebanyak lima eksemplar diterima langsung oleh Wakil Ketua Dekranasda Pekanbaru, Hj Indriarita Ayat S.Pd dan disaksikan langsung oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Pekanbaru Hj. Fitri Jamil, pengurus Dekranasda kota Pekanbaru Hj. Wirdaningsih Bahar, Staf Ahli bidang Politik, Hukum dan Pemerintahan Hj. Neng Elida, SE dan Kadispusip Kota Pekanbaru Ir. Hj. Nelfiyonna, M.Si. Hadir juga Sekretaris dan juga Kabid P2LP di Dispusip Pekanbaru.

Meski berlangsung singkat, serah terima buku bertemakan kebudayaan ini berlangsung dengan khidmat dan bernuansa kekeluargaan. Buku ini sendiri akan memperkaya khazanah keilmuan masyarakat Pekanbaru dengan semakin banyaknya referensi model-model baju adat untuk pengantin dari seluruh Indonesia. “Kami senang dengan pemberian buku yang bisa jadi inspirasi ini,” kata Indriarita di sela-sela pertemuan tersebut.

Indriarita, yang juga Wakil Ketua TP PKK Pekanbaru, juga merasa berbahagia atas kunjungan dari ibu-ibu Bhayangkari ini. Dengan kunjungan tersebut, silaturahmi antarpenggerak bisa semakin erat dan akan terus bersinergi kedepannya. Ia juga menyampaikan terimakasih dan bertukar cinderamata dengan menyerahkan buku Keaslian Adat Nikah Kawin Masyarakat Melayu Kota Pekanbaru dan buku Menelusuri Jejak Kota Pekanbaru Lewat Gambar kepada Bhayangkari Cabang Pekanbaru.

Mendapatkan sambutan yang meriah tersebut, Ketua Bhayangkari Cabang Pekabaru pun merasa tersanjung. Ia tidak menyangka disambut sedemikian hangat saat menyerahkan buku titipan dari Ketua Umum Bhayangkari ini. “Awalnya saya pikir hanya saya dan Ibu Wakil Ketua saja, ternyata disambut oleh banyak orang,” kata Ervina.

Ervina berharap buku-buku tersebut dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Kota Pekanbaru, khususnya dalam memilih pakaian-pakaian adat untuk pernikahan. Selain buku, Bhayangkari Cabang Pekanbaru juga menyerahkan sejumlah kerajinan yang dibuat oleh Ibu-Ibu Bhayangkari Pekanbaru. Kerajinan tersebut berupa hijab dengan motif Lancang Kuning yang menjadi ciri khas Kebudayaan Melayu. “Kita juga ingin mengangkat Budaya Melayu lewat fashion berupa hijab dengan motif yang khas,” sebutnya.

Usai kegiatan serah terima ini, buku-buku tersebut disebarkan ke beberapa tempat termasuk di Perpustakaan Tenas Effendy Kota Pekanbaru. Buku ini nantinya akan dilayankan kepada masyarakat sehingga masyarakat bisa membaca dan memanfaatkan isi dari buku tersebut.

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.