BPA Pekanbaru menerima 1 Unit Mobil Perpustakaan Keliling dari PNRI

oleh -525 views

Pekanbaru— Hari ini bantuan mobil pustaka keliling (MPK) dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) telah sampai dan terparkir di halaman kantor Badan Perpustakaan dan Arsip Kota Pekanbaru. MPK tersebut merupakan salah satu dari 42 unit MPK yang disalurkan Perpusnas di tahun 2016 untuk provinsi, kabupaten/kota yang terpilih.

serah-terima-bantuan-mobil

Pemberian unit MPK dilakukan langsung oleh Kepala Perpusnas Bapak Muh. Syarif Bando di Gedung Perpusnas, Jakarta, Senin (18/12) kepada 9 untuk provinsi dan sisanya untuk kab/kota se-Indonesia. Seluruh unit MPK telah dilengkapi bahan bacaan sebanyak 600 judul (1.200 eksemplar) dan perangkat audio visual. Secara simbolis diterima oleh perwakilan dari Gubernur, Walikota dan Bupati yang hadir. Sedangkan untuk Pekanbaru diterima langsung oleh Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Kota Pekanbaru yakni Ibu Ir. Hj. Nelfiyonna, M.Si.

penyerahan-bantuan-mobil-pustaka-keliling-bpa-pekanbaru

“Masyarakat sejahtera akan terbentuk apabila kita hidup cerdas, dan untuk menjadi cerdas, kita harus belajar. Namun, mengajak masyarakat untuk belajar tidak mudah di era sekarang ini. Membaca belum dirasakan sebagai kebutuhan dan menjadi budaya bagi sebagian besar masyarakat Indonesia,” ujar Kepala Perpusnas saat memberikan penjelasan di hadapan para Kepala Daerah penerima bantuan MPK.

deretan-mobil-bantuan-pustaka-keliling-bpa-pekanbaru

Berbagai upaya tersebut dilakukan tidak hanya lewat jalur pendidikan formal tapi juga melalui pendidikan non formal, salah satunya perpustakaan sebagai sarana belajar sepanjang hayat. Keberadaan perpustakaan memiliki peran strategis yang mampu mengantarkan masyarakat menjadi bangsa yang cerdas.

Koleksi yang ada dalam unit MPK mungkin belum sebanding dengan kebutuhan masyarakat di wilayahnya. Oleh karena itu, Kepala Perpusnas mengimbau kepada Pemda untuk terus meningkatkan pemenuhan kebutuhan bahan bacaan masyarakat serta memperbanyak MPK melalui berbagai pendanaan baik APBD, maupun lewat partisipasi swasta dan masyarakat.

bantuan-mobil-pustaka-keliling-bpa-pekanbaru

Diharapkan dengan adanya bantuan untuk penambahan mobil pustaka keliling ini dapat menjangkau semua kecamatan yang ada di Kabupaten/Kota masing-masing sekaligus sebagai media promosi untuk memperkenalkan perpustakaan secara langsung ke masyarakat sehingga dapat mempercepat tumbuhnya budaya baca masyarakat dan terpenuhinya kebutuhan informasi dan pengetahuan dari bahan bacaan yang berkualitas. Untuk mewujudkan hal tersebut, tentu juga memerlukan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan.

bpa-pekanbaru-terima-bantuan-mobil-pustaka-keliling



Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.