BPA Kota Pekanbaru taja Rapat Koordinasi Perpustakaan tingkat SLTA/MA se-Kota Pekanbaru

Pada tanggal 25 November 2015 bertepatan dengan hari Guru Nasional, Badan Perpustakaan dan Arsip Kota Pekanbaru (BPA Kota Pekanbaru) menggelar kegiatan Rapat Koordinasi Perpustakaan Sekolah tingkat SLTA/MA  se-Kota Pekanbaru. Kegiatan ini diikuti oleh lebih kurang 112 (Seratus dua belas) orang peserta yang terdiri dari seluruh Kepala Sekolah tingkat SLTA/MA se-Kota Pekanbaru.  Kegiatan ini ditaja di Hotel Aryaduta Pekanbaru.

Rapat Koordinasi Perpustakaan

Rapat Koordinasi Perpustakaan

Adapun hasil yang diharapkan dari kegiatan rapat koordinasi pengembangan perpustakaan adalah  Terwujudnya koordinasi dan sinkronisasi program dan kegiatan pengembangan perpustakaan prioritas tahun 2016 diantara seluruh pemangku kepentingan perpustakaan. Selain itu juga, diharapkan dapat terbentuknya komitmen kepala sekolah untuk mengelola perpustakaan yang ada dilingkungan sekolah masing-masing sesuai aturan yang berlaku berikut implikasinya terhadap alokasi anggaran yang mewajibkan 5% untuk pengelolaan perpustakaan sekolah, sumberdaya manusia pengelola perpustakaan dan penyediaan sarana prasarana yang memadai.

Rapat koordinasi pengembangan perpustakaan tahun 2015 ini bertemakan “ Meningkatkan peran Perpustakaan Sekolah menuju Indonesia Gemar Membaca Tahun 2019 “.

Hal ini didasarkan pada hasil supervisi dan monitoring ke perpustakaan sekolah setingkat SLTA/MA di kota pekanbaru yang kondisinya masih belum semuanya memenuhi standar perpustakaan sekolah sebagaimana ditetapkan oleh kepala Perpustakaan Nasional RI  tentang Standar Nasional Perpustakaan (SNP) Sekolah Menengah Atas / Madrasah Aliyah.

Keberhasilan perpustakaan man 1 Kota Pekanbaru menjadi juara 2 (dua) dalam ajang lomba perpustakaan sekolah setingkat SLTA/MA tingkat nasional yang digelar PERPUSNAS RI baru-baru ini, patutlah menjadi motivasi kuat bagi siapa pun yang hadir untuk menjadikan rapat koordinasi ini sebagai  ajang penyamaan persepsi tentang program dan kegiatan apa yang mesti menjadi prioritas untuk mengembangkan perpustakaan dalam mendukung proses pembelajaran Formal di sekolah maupun informal di perpustakaan umum.

Penandatanganan MoU

Penandatanganan MoU

Dalam upaya peningkatan kerjasama layanan perpustakaan, BPA Kota Pekanbaru juga akan dilaksanakan

  1. Penandatanganan naskah kesepakatan antara Badan Perpustakaan dan Arsip Kota Pekanbaru dengan perpustakaan Universitas Riau untuk kerjasama pengembangan perpustakaan.
  2. Penandatanganan perjanjian kerjasama tentang pengelolaan dan penyelenggaraan perpustakaan sekolah antara Badan Perpustakaan dan Arsip kota pekanbaru dengan Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru.
  3. Penandatanganan naskah kesepakatan antara Badan Perpustakaan dan Arsip Kota Pekanbaru dengan Kantor Kementerian Agama Kota Pekanbaru tentang pengembangan perpustakaan.

Penandatangan tersebut juga dihadiri dan disaksikan langsung oleh Asisten 3 dan Komisi 3 DPRD Kota Pekanbaru.

“Dengan adanya kegiatan ini dapat terjalinnya koordinasi antara Badan Perpustakaan dan Arsip dengan berbagai Perpustakaan yang ada di Kota Pekanbaru termasuk didalamnya perpustakaan sekolah dan universitas sehingga dapat menumbuhkan minat baca masyarakat menuju Indonesia Gemar Membaca 2015 “tegas Nelfiyonna selaku Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Kota Pekanbaru.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :