Berkembang dengan Teknologi Informasi, Dispusip Kota Pekanbaru mengelola 9 Aplikasi ini

oleh -180 views
SmartCity Dispusip

Pada saat ini Teknologi Informasi sudah tidak menjadi hal mewah lagi namun sudah menjadi kebutuhan dalam pelaksanaan kegiatan sehari-hari. Teknologi informasi digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas  yaitu informasi yang relevan, akurat, dan tepat waktu.

Sistem informasi dibuat dan dibangun dengan baik bertujuan untuk meningkatkan produktivitas, menghilangkan kegiatan yang tidak memiliki manfaat, meningkatkan layanan, mengkoordinasikan setiap bagian dalam instansi serta meningkatkan kualitas kebijakan dalam manajemen.

Sistem informasi yang baik dapat digunakan tidak hanya untuk penyimpanan data secara elektronik saja tetapi juga harus mampu mendukung proses analisis yang diperlukan oleh manajemen, karena dengan adanya laporan yang tersaji dengan cepat dan setiap saat dapat diakses tersebut maka keputusan-keputusan yang diambil pun dapat lebih cepat dan tepat terhadap dinamika permasalahan yang ada.

SmartCity Dispusip

Terwujudnya Pekanbaru cerdas melalui gemar membaca dan sadar tertib arsip merupakan visi yang diusung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru untuk menyukseskan Visi Walikota  Pekanbaru 2017-2022  yakni mewujudkan Pekanbaru menjadi SmartCity Madani.

Perkembangan Teknologi dan Informasi merupakan unsur penting terwujudnya SmartCity Madani. Untuk itu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru menerapkan dan mengelola beberapa Sistem Informasi dan aplikasi untuk melaksanakan Tugas Pokok  dan Fungsinya. Beberapa Aplikasi yang digunakan dan dikelola oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru yaitu sebagai berikut :

  1. Inlislite V3

Inlis1

Inlis2

Inlis lite adalah aplikasi yang di kembangkan oleh perpusnas RI untuk mempermudah proses pelayanan dan penyimpanan data dalam sebuah perpustakaan yaitu mulai dari cek buku tamu, mengolah data buku, pendaftaran anggota perpustakaan, peminjaman dan pengembalian serta mengelola laporan di perpustakaan. Aplikasi inlislite ini memiliki beberapa versi, dan versi yang terbaru adalah inlislite v3.

  1. SIKD (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis)SIKD

Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) adalah sebuah aplikasi untuk memanajemen persuratan di Pemerintah kota Pekanbaru. Aplikasi ini dikembangkan oleh ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia) yang telah teruji keamanan dan kenyamanannya.  Aplikasi ini banyak di pakai oleh Badan Negara dan Kementrian serta BUMN di indonesia.

  1. OPAC Dispusip (Slims)OPAC

OPAC merupakan singkatan dari Online Public Access Catalogue yang memudahkan pencarian data buku yang ada pada sebuah perpustakaan. Untuk OPAC online Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru menggunakan SLIMS yang merupakan salah satu aplikasi Open Source dalam menangani permasalahan bidang perpustakaan.

  1. Radio Online

Radio Online

Radio Online Dispusip Kota Pekanbaru terdapat dalam website pada menu radio online. radio online dapat diakses oleh siapapun, dimanpun dan kapanpun dengan syarat memiliki koneksi ke internet. Radio online Dispusip menayangkan dongeng, lagu dan kegiatan – kegiatan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru.

  1. iPekanbaru

iPekanbaru

iPekanbaru adalah aplikasi perpustakaan digital yang dikembangkan oleh PT. Aksara Maya atau Mocco. aplikasi ini berbasis android dan dapat di download di playstore.

Aplikasi iPekanbaru memungkinkan pembaca untuk membaca dimana saja dan kapan saja melalui smartphone android. Dalam aplikasi iPekanbaru ini terdapat ribuan judul buku yang bisa dipinjam dan kemudian akan otomatis terkembalikan setelah mencapai batas waktu yang ditentukan.

  1. PaDi (PustakA Digital)

PaDi

PaDi adalah program implementasi dari pencanangan 1000 Digital Learning Corner yang direalisasikan dalam bentuk kumpulan Pustaka Digital (eBook) gratis yang terdapat pada perangkat (dekstop atau gadget). PaDi dikelola oleh PT Telkom dan saat ini perpustakaan umum Kota Pekanbaru telah memiliki PaDi corner di perpustakaan.

  1. Website ( bpa.pekanbaru.go.id)

Website

Website digunakan oleh Dispusip kota pekanbaru sebagai media informasi mengenai kegiatan, lomba dan lainnya. website juga digunakan sebagai sumber referensi katalog dan sebagai saran digital untuk pengadaan buku tertentu dari pembaca atau masyarakat pada umumnya.

  1. Sipusikat

Sipusikat

Aplikasi Sistem Informasi Perpustakaan dan Katalog atau SiPusiKat adalah sebuah aplikasi yang menyediakan informasi tentang :

  1. Perpustakaan sekolah dasar se-Kota Pekanbaru secara umum
  2. Katalog Online Perpustakaan Umum.
  3. Perpustakaan Digital iPekanbaru.
  4. Letak sekolah setara Sekolah Dasar se-Kota Pekanbaru.

Sipusikat merupakan aplikasi berbasis android yang di kembangkan oleh Syahyarwan Zam yang bertujuan untuk memudahkan pengguna mengakses informasi yang disediakan aplikasi tersebut. Aplikasi dapat di download di playstore. Saat ini aplikasi masih berisikan informasi pendidikan sekolah setara Sekolah Dasar seluruh Kota Pekanbaru baik dibawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI maupun Kementerian Agama RI, yaitu :

  1. SD (sekolah Dasar) Negeri
  2. SD (Sekolah Dasar) Swasta
  3. MI (Madarasah Ibtidaiyah) Negeri
  4. MI (Madarasah Ibtidaiyah) Swasta
  1. Sosial Media ( Facebook, Twitter, Instagram, Youtube)

Dengan memanfaatkan media sosial atau jejaring sosial, semua orang bisa melakukan komunikasi secara online. Media sosial berisi segudang informasi, berita, ilmu, pengetahuan, dan kabar terkini, malah informasi-informasi tersebut lebih cepat menyebar melalui media sosial dibanding media elektronik seperti TV. Media sosial juga sering digunakan untuk sharing infomasi yang berguna bagi banyak orang, dari satu orang ke banyak orang lainnya. Dengan membagikan informasi tersebut, maka diharapkan banyak orang yang mengetahui informasi dalam skala nasional maupun internasional.

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.