Belajar Buat Aplikasi Bersama Komunitas Android Bertuah dan Dispusip Pekanbaru

oleh -480 views

Pekanbaru – Berkembangnya teknologi terutama teknologi mobile saat ini pasti membuat pengguna smartphone bertanya bagaimana cara membuat aplikasi di playstore.

Setidaknya hingga kini sudah ada 1,5 miliar aplikasi dan game dari google play yang di unduh oleh pengguna android. Bagi para pengembang aplikasi, android sangat memungkinkan untuk mendistribusikan aplikasi yang dibuatnya secara luas kepada ratusan juta pengguna diberbagai perangkat ponsel, tablet dan lainnya.

Sebagai upaya untuk melaksanakan pelatihan pembuatan aplikasi kepada masyarakat luas, Komunitas Android Bertuah mengadakan kegiatan “Workshop Android Publisher” di Perpustakaan Tenas Effendy Kota Pekanbaru, Selasa (26/01). Dengan pemateri, Attayaya dari Komunitas Android Bertuah dan Dian Aismana selaku programmer.

“Ini kelas ketiga kita bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) untuk masyarakat belajar memulai menjadi publisher. Dari pelatihan ini diharapkan dapat menjadi tempat belajar untuk kita semua,” ungkap Dian Aismana.

Namun karena adanya pandemi Covid-19, kegiatan dilaksanakan secara bertahap dengan jumlah peserta dibatasi hanya enam orang setiap pertemuan. Dengan tetap menaati protokol kesehatan, yakni mencuci tangan, penggunaan handsanitizer, menggunakan masker dan pengecekan suhu badan.

“Dari pelatihan ini diharapkan peserta bisa menjadi publisher dan mendapatkan penghasilan dari pembuatan aplikasi yang posting di google playstore. Bagaimana caranya ? salah satunya dengan memanfaatkan iklan dari admob,” jelasnya.

Salah seorang peserta pelatihan, Yogi yang merupakan karyawan swasta mengungkapkan materi pembahasan mulai dari pengenalan android, google developer hingga admob. “Ini menarik karena ternyata tidak sesusah yang dibayangkan, karena memang pemateri telah menyediakan toolsnya sehingga anak-anak sampai ibu-ibu pun bisa membuat ini,” kata Yogi.

Kepala Dispusip Kota Pekanbaru, Ir Hj Nelfiyonna M Si melalui Kasi Layanan dan Otomasi, Edi Amin Jafar, S Sn mengatakan peminjaman fasilitas ruangan untuk mengelar acara merupakan salah satu layanan yang bisa dimanfaatkan oleh komunitas maupun masyarakat luas.

“Perpustakaan tidak hanya menyediakan bahan bacaan dan layanan pinjam buku saja. Peminjaman ruangan juga bisa dilakukan. Untuk awal tahun ini Komunitas Android Bertuah. Sebelumnya sudah banyak komunitas lainnya mengadakan acara disini, mulai bedah buku oleh Kongkow Nulis, Akber adakan kelas persiapan tes CPNS dan banyak lagi,” paparnya.

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.