Akselerasi Pembangunan Ekonomi Perlu Didukung SDM yang Unggul

oleh -83 views

PEKANBARU – Walikota Pekanbaru, Dr Firdaus ST MT memaparkan tentang keselarasan program Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru dalam Rapat Perencanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (P-RPJMD) Kota Pekanbaru. Kegiatan ini dilaksanakan pada Senin, 3 Februari 2020 di Hotel Pangeran Pekanbaru.

WhatsApp Image 2020-02-04 at 09.50.20

Dalam sambutannya, Firdaus memaparkan bahwa rencana pembangunan Pekanbaru sudah sejalan dengan visi pembangunan Indonesia. Seperti yang sering disampaikan Presiden Joko Widodo, SDM Maju Indonesia Unggul, pembangunan ekonomi di Pekanbaru harus didukung SDM yang unggul.

1

Firdaus menyampaikan bahwa untuk saat ini, kondisi masyarakat sudah semakin baik dan terus berprogres. Hasil penghitungan indeks pembangunan manusia Pekanbaru yang terbaru mencapai 80,66 poin, sedikit lebih tinggi dari DKI Jakarta yakni 80,47 poin. Sementara angka harapan hidup Pekanbaru berada di level 71,19 dengan lama sekolah rata-rata 15,34 tahun.

Akan tetapi, lanjut Firdaus, ada beberapa sisi di Pekanbaru yang masih harus ditingkatkan. Sisi tersebut yakni dari gizi makanan. “Hasil penghitungan gizi masyarakat di Pekanbaru tidak menggembirakan, mestinya penghasilan yang besar bisa membuat gizi manusianya menjadi bagus,” sebutnya.

“Perlu ada perbaikan mindset di sini. Kita minta OPD terkait untuk bisa membuat SOP gaya hidup sehat untuk mendorong pembangunan daerah,” jelas Firdaus.

Ada beberapa faktor menurut Firdaus yang perlu diperhatikan untuk membangun SDM yang unggul. Faktor pertama yakni kesehatan. Faktor ini meliputi lingkungan yang sehat yang berpengaruh pada kondisi fisik dan psikis masyarakat. Keberadaan fasilitas kesehatan seperti rumah sakit juga mendorong faktor ini.

“Faktor kesehatan juga termasuk layanan kesehatan dan juga pengelolaan limbah. Pengelolaan limbah ini perlu perhatian khusus. Untuk mengelola limbah yang ada di kota, tidak bisa hanya dilakukan DLHK saja, tapi juga lintas OPD serta peran masyarakat di sana,” sebut Walikota.

ttd

Pengelolaan limbah sendiri juga perlu diklasifikasi, seperti limbah medis, limbah industri serta limbah rumahtangga. Pengelompokan limbah yang tepat tentu akan mempermudah pengelolaannya.

“Faktor terakhir untuk membangun SDM Kota tentu akhlakuk karimah, di mana dengan akhlak yang baik akan menjadikan SDM tersebut unggul dan memajukan Pekanbaru dan Indonesia secara umum,” tutup Firdaus.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Pekanbaru, Ir Hj Nelfiyonna MSi, melalui Sekdis Nofrita Deli SPd MSi menyampaikan bahwa pembangunan melalui SDM yang unggul juda didorong oleh literasi. Dengan literasi yang berbasis di perpustakaan, masyarakat bisa mengadopsi ilmu yang bermanfaat serta menghargai sejarah kearsipan dan tata naskah yang ada. “Ini merupakan cerminan intelektualitas dan kemandirian pada masyarakat yang smart,” sebutnya.

Selain itu, kata Nofrita, di era IT seperti saat ini semua orang dituntut untuk melek informasi. Untuk itu budaya membaca menjadi kunci bagi setiap orang untuk bisa mencerdaskan dirinya. Dengan demikian visi Pekanbaru menjadi Smart CIty yang Madani akan didukung dengan masyarakatnya yang pintar.

#AyoMembaca #BukuPerpustakaanUmumKotaPekanbaru #DispusipPekanbaru
#salamLiterasi#ayokeperpustakaan#Ayomembaca#perpustakaan #kearsipan
#budayabaca#perpussemakinbaik #mobilkelilingperpustakaan#Indonesia
#Dispusip #Pekanbaru #AyoKePerpustakaan #AyoJagaArsip #TertibArsip
#perpustakaan #pustaka #pustakawan #arsip#dokumen #library #librarian #book
#archive #history #bandarayamelayu #bandarserimelayu #BICorner
#SalamLiterasi
#SalamSmart
BACA & PINJAM >>> GRATISSS
————————
Yuuuk kunjungi,..
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru
Jl. Dr. Sutomo No. 1 Pekanbaru.
Telpon : (0761) 859318
Email : bpadkotapekanbaru@gmail.com
Website : https://www.dispusip.pekanbaru.go.id
Twitter : https://www.twitter.com/DispusipPKU
Facebook : https://www.facebook.com/dispusip.Pku
Instagram : https://www.instagram.com/dispusippku/
-SALAM SMART-

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Informasi Lainnya :

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.