14 OPD Raih Penghargaan Kearsipan

oleh -1.548 views

Pekanbaru – Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) Kota Pekanbaru mengumumkan 14 organisasi perangkat daerah (OPD) yang mendapat nilai terbaik tingkat kota dari hasil pengawasan Audit Sistem Kearsipan Internal (ASKI) tahun 2022.

Penghargaan diserahkan oleh Plt Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. H. Syoffaizal, M.Si kepada kepada OPD yang memperoleh nilai dengan kategori “Sangat Memuaskan” dan “Memuaskan” pada acara penyerahan Hasil ASKI Tahun 2022 dan Sosialisasi ASKI Tahun 2023 di Hotel Resty Menara pada Kamis (11/5/2023).

“Selamat kami ucapkan kepada rekan-rekan sekalian, mudah-mudahan yang belum dapat bisa menyusul. Tidak ada lagi yang nilainya rendah, kita perbaiki bersama-sama. Selaku Plt dan juga Kepala Kesbangol kami berada di peringkat 16 dengan kategori BB. Walaupun tidak dibawah, tapi belum diatas. Kami mohon untuk kedepan bisa dibina agar bisa lebih baik,” jelasnya.

Berdasarkan hasil audit tahun 2023 diketahui untuk kategori sangat memuaskan ada satu perangkat daerah, kategori memuaskan ada 12 perangkat daerah, kategori baik ada sembilan, kategori baik ada sepuluh. Serta untuk nilai cukup, kurang dan sangat kurang ada 15 perangkat daerah.

“Oleh karena itu, kami menghimbau kedepannya, khususnya kepala OPD agar dapat lebih memperhatikan dan perhatian terhadap pengelolaan arsip masing-masing instansi. Bukti perhatian kepala Dispusip bisa membuat pemko berada di peringkat 15 tingkat nasional dan peringkat 1 tingkat Provinsi,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru, Hj. Erna Juita, SH,. M.Si yang juga merupakan Kepala LKD menyampaikan tahun ini pihaknya telah melaksanakan pembinaan. Sebagai catatan masih ada beberapa kendala, seperti adanya perangkat daerah yang belum memiliki record center maupun belum optimalnya sarana dan prasarana yang ada.

“Terakhir kami sudah memanggil OPD yang nilainya cukup dan kurang untuk melakukan koordinasi. Sebagai bentuk asistensi, apasih kendala sebenarnya di masing-masing OPD. Kita berharap dari upaya ini bisa mendongkrak dari nilai CC bisa minimal B atau BB. Mudah-mudahan semua bisa tercapai dengan kerjasama dan proaktif semua pihak,” ungkapnya.  

Berikut 14 nilai terbaik hasil pengawasan kearsipan tahun 2022 :

  1. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Nilai 93 Kategori AA (Sangat Memuaskan)
  2. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Nilai 87 Kategori A (Memuaskan)
  3. Sekretariat DPRD Nilai 87 Kategori A (Memuaskan)
  4. Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Nilai 87 Kategori A (Memuaskan)
  5. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Nilai 85 Kategori A (Memuaskan)
  6. Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Nilai 82 Kategori A (Memuaskan)
  7. Badan Pendapatan Daerah Nilai 82 Kategori A (Memuaskan)
  8. Dinas Pertanian dan Perikanan Nilai 82 Kategori A (Memuaskan)
  9. Dinas Sosial Nilai 81 Kategori A (Memuaskan)
  10. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Nilai 81 Kategori A (Memuaskan)
  11. Kecamatan Marpoyan Damai Nilai 81 Kategori A (Memuaskan)
  12. Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Nilai 80 Kategori A (Memuaskan)
  13. Dinas Pendidikan Nilai 80 Kategori A (Memuaskan)
  14. Kecamatan Rumbai Nilai 80 Kategori A (Memuaskan)

About the author

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

No More Posts Available.

No more pages to load.