Sosialisasi dan Pendataan Naskah Kuno : Langkah Awal Pelestarian Warisan Budaya

oleh -834 views

Pekanbaru – Dalam upaya mengenalkan dan memperkenalkan pentingnya pelestarian naskah kuno sebagai bagian tak terpisahkan dari sejarah Nusantara, Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menggelar kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Penyimpanan, Perawatan, Pelestarian, dan Pendaftaran Naskah Kuno Tahun 2023.

Kegiatan berlangsung selama dua hari di Hotel Resty Merdeka pada 29-30 November 2023, bertujuan untuk membangkitkan kesadaran dan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang warisan budaya dan sejarah melalui naskah kuno.

Asisten Administrasi Umum (Asisten III) Setdako Pekanbaru, Samto dalam sambutannya menekankan bahwa naskah kuno merupakan bagian tak terpisahkan dari sejarah yang tidak boleh berpindah tangan. Ia mengajak semua pihak untuk aktif dalam melestarikan dan merawat naskah kuno sebagai bentuk cinta terhadap nilai budaya dan literasi anak bangsa.

“Ini menjadi atensi kita semua agar bisa berpartisipasi dalam menjaga dan merawat naskah kuno. Pendataan sebagai wujud kecintaan kita terhadap upaya pelestarian naskah kuno agar tetap terjaga  dan terlindungi,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dispusip Kota Pekanbaru Hj. Erna Juita, SH,. M.Si menyampaikan perlunya pemahaman mendalam mengenai langkah-langkah preservasi yang diperlukan untuk menjaga keaslian dan keberlangsungan naskah kuno. “Dengan kolaborasi dan pemahaman bersama, kami ingin masyarakat memahami bukan hanya pentingnya naskah kuno, tetapi juga bagaimana kita dapat berkolaborasi dalam usaha pelestarian, serta menyebarkan pengetahuan ini kepada masyarakat,” ujarnya.

Kegiatan sosialisasi dan pendataan naskah kuno ini diharapkan dapat menjadi tonggak awal dalam upaya menjaga dan menyelamatkan warisan berharga ini, serta memperluas kesadaran akan keberadaannya di kalangan masyarakat. Melalui serangkaian acara ini, diharapkan masyarakat dapat turut serta dalam menjaga dan memelihara jejak budaya Nusantara demi melestarikan warisan berharga bagi generasi mendatang.

Hadir sebagai narasumber Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau, Raja Yoserizal Zen memaparkan Manuskrip dalam OPK “Kekunoan Menjadi Kekinian”, Dosen FIB Unilak, Jefrizal, S.Hum., M.Hum memaparkan tentang Upaya Penyelamatan Naskah Kuno, Melayu FIB Unilak, Iik Idayanti, M.Hum memaparkan tentang Pelestarian Naskah Kuno di Pekanbaru. Kemudian, Dosen UIN Suska Riau, Dra. Elya Roza, M.Hum., Ph.D menyajikan tentang Naskah Kuno Melayu dan Bayu Made Winata memaparkan tentang Melihat Riau dari Naskah Kuno: Interprestasi Naskah Kuno.

About the author

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

No More Posts Available.

No more pages to load.