Sinopsis Buku “Dua Tahun Muflihun Menjabat”

oleh -162 views

Muflihun, S.STP., M.AP selalu dipanggil dengan sapaan akrab Bang Uun, dari nama aslinya Muflihun, merupakan birokrat Indonesia yang menjadi Penjabat Wali Kota Pekanbaru sejak 2022 hingga diperpanjang kembali jabatannya mulai tanggal 23 Mei 2023 hingga akhir masa jabatan. Dilahirkan dari rahim Hj. Nursaidah, Bc.Hk. di Pekanbaru pada 22 Februari 1978. Muflihun yang berayah H. Rusli Yatim S.H., lebih dikenal sebagai Pj. Wali Kota Pekanbaru yang peduli dengan kebersihan dan lingkungan. Pendidikan dasar dimulainya dengan menapaki SD Negeri 001 Rintis, dengan prestasi bagus. Jenjang tapak pendidikannya kemudian dengan melanjutkan ke SLTP Negeri 4 Pekanbaru. Kedua sekolah ini merupakan sekolah yang telah berdiri lama di Pekanbaru, dan menjadi sekolah favorit dengan mutu pendidikan yang bagus. Tak pelak membuat Muflihun berkembang dengan pendidikan yang bagus pula. Tapak pendidikan selanjutnya dijalani di SLTA Negeri 1 Pekanbaru. Di tingkat pendidikan ini, Muflihun atau Bang Uun menjejak jurusan Biologi dan selesai pada 1996.

Setelah menghabiskan masa remajanya di Pekanbaru, dia kemudian melanjutkan pendidikannya di Sekolah Tinggi Pemerintah Dalam Negeri (STPDN) di Jatinangor, Kecamatan Sumedang, Jawa Barat dan lulus pada tahun 2000. STPDN menjadi tempat menempa kepribadiannya yang lebih berkembang dan semakin bijaksana. Hal ini dilanjutkan pada tahun 2018 dia kemudian menyelesaikan pendidikan S2 di Universitas Islam Riau dengan konsentrasi Magister Administrasi Publik. Lulus dari Sekolah Tinggi Pemerintah Dalam Negeri (STPDN), Muflihun terlebih dahulu menempa dirinya di sebagai camat di Kecamatan Kuantan Mudik pada tahun 2002. Di tempat itu, Muflihun kemudian mendapatkan berbagai macam pengalaman hidup terutama hal-hal yang berhubungan dengan pelayanan publik.

Dari mengelola dua wilayah yang padat penduduk di Pekanbaru sebagai camat, Muflihun berpindah ke Pemerintah Provinsi Riau dan diamanahkan menjadi Kepala Bagian Persidangan dan Produk Hukum pada Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Riau yang dijalankannya sekitar tujuh tahun. Karirnya terus berkembang yang kemudian diamanahkan menjadi Plt.Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah pada Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Amanah ini disandangnya melalui seleksi Pejabat Tinggi Pratama (PTP) di Pemerintahan Provinsi Riau. Perjalanan karir Muflihun atau akrabnya Bang Uun berlanjut pada hari Senin 23 Mei 2022. Pada hari itu, Bang Uun dipercaya mengemban jabatan sebagai Pj. Wali Kota Pekanbaru. Dalam masa menjabat sebagai Pj. Wali Kota Pekanbaru, Bang Uun fokus kepada isu-isu kebersihan, lingkungan, dan transformasi digital, seperti penanganan sampah, saluran air, pencegahan banjir, pembenahan infrastruktur lingkungan, kesehatan, dan juga transformasi digital untuk percepatan-percepatan capaian program kerjanya. Muflihun menikah dengan Raja Rilla Muflihun dan mempunyai dua orang anak, Nabilah Juliani Putri dan Almer Meizaki Putra.

Selama dua tahun menjabat, sejumlah program telah berhasil diwujudkan dan mencapai performa yang baik secara statistik namun juga dalam kerja-kerja nyata. Perbaikan demi perbaikan terlihat dalam pelaksanaan di tengah-tengah masyarakat. Program Pemerintah Kota Pekanbaru tidak hanya menjalankan Agenda Kerja Pemerintah Pusat, maupun perencanaan Pemerintah Provinsi Riau, namun Pemko Pekanbaru berhasil menitikberatkan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan warga kota Pekanbaru. Hal ini berlandaskan pemberian otonomi secara menyeluruh kepada daerah untuk mengurus segala hal yang bersifat internal berdasarkan kekhasan masing-masing tempat yang bertujuan agar bantuan dan kemudahan dari pemerintah kota tersebut dapat selaras dan terhubung dengan kebutuhan masyarakat. Dengan demikian kesejahteraan masyarakat dapat lebih cepat terwujud melalui peningkatan pelayanan, pemberdayaan dan peran serta Pemerintah Kota dan masyarakat. Narasi ini dapat tercapai jika tetap berpegang pada prinsip-prinsip good governance yang memiliki orientasi pada hasil dan manfaat yang mampu dirasakan secara langsung oleh masyarakat. Memahami perjalanan kota sebelumnya membantu pemimpin memahami bagaimana keputusan saat ini akan memengaruhi masa depan kota. Sejarah kota adalah fondasi yang penting untuk memandu perubahan positif dan memberikan arah bagi masa depan kota yang lebih baik, terus bergerak dan berkembang. Menuju Kota Metropolitan.

Judul:
Dua Tahun Muflihun Menjabat
Penerbit: Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru
Ukuran: 20x 20 cm
Hard cover
Art paper

Tim Penyusun:

  1. Budy Utamy (Penulis Utama)
  2. Istiqomah Marfuah (Penulis)
  3. Richa Fionasari (Penyunting)
  4. Yeyen Wahyuni (Penerjemah)
  5. Arza Aibonotika (Fotografer)
  6. Rona Rizka (Desainer)
  7. Yuli Dwi Wahyuni (Proofreader/Penyelaras Bacaan)
  8. Ibnul Mubarak (Sketsa)
  9. Mike Agnesia (Administrasi)

About the author

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

No More Posts Available.

No more pages to load.