Transformasi Perpustakaan : Penguatan UMKM Berdaya Saing Lewat Pelatihan Bioflok

oleh -1.156 views

Pekanbaru – Sebagai wujud komitmen Pemerintah Kota Pekanbaru untuk melaksanakan sustainable development goals (SDGS) guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan. Pada Rabu (24/08/2022) melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru kembali menggelar Kelas Literasi Batch 2.0 : Pelatihan Bioflok Ikan Lele dan On Job Training di Aula Lantai 1 Dispusip Kota Pekanbaru.

Plt Kepala Dispusip Kota Pekanbaru, Ir. Hj. Nelfiyonna, M.Si menyampaikan komitmen pemerintah ini diketahui juga selaras dengan program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial (TPBIS). Mengubah paradigma perpustakaan tidak hanya menjadi pusat informasi, namun juga sebagai pusat berkegiatan.

“Ruang berbagai pengalaman, ruang belajar kontekstual dan ruang berlatih keterampilan yang melibatkan berbagai pihak, baik itu pemerintah daerah, masyarakat maupun dunia usaha,” ungkap Nelfiyonna dalam sambutannya.

Keberhasilan program TPBIS, lanjut Nelfiyonna merupakan hasil sinergisitas dan kontribusi berbagai pihak untuk berbagai sumberdaya berupa ilmu pengetahuan, informasi pengalaman, tenaga serta sarana dan prasarana.

“secara berkesinambungan terus menggelar kegiatan seperti pelatihan ini, untuk menghubungkan antara narasumber sekaligus praktisi yang telah terbukti sukses dalam memanfaatkan  bahan bacaan guna meningkatkan literasi dan berimplikasi pada peningkatan kualitas kesejahteraan,” sambungnya.

Ia juga berpesan kepada seluruh peserta agar memanfaatkan pelatihan lebih luas lagi sehingga upaya Perpustakaan Tenas Effendy yang dikelola Dispusip Kota Pekanbaru bisa memberikan manfaat bagi semua orang. “Dengan berlanjut mempraktekkan secara langsung dan mengembangkan menjadi sebuah usaha yang pastinya dapat menyejahterakan diri dan lingkungan,” terangnya.

Materi pelatihan Bioflok Ikan Lele sendiri diisi oleh dosen Peternakan dan KelautanUNRI, Heri Masjudi, S.Pi,. M.Si yang akan dilanjutkan dengan kegiatan On Job Training pada LKM Maharatu Makmur Pekanbaru pada Kamis (25/8/2022) mendatang. Pada kesempatan itu pula, PT Sarana Pembangunan Pekanbaru (SPP) melalui Manager Keuangan, Chairani menyerahkan bantuan berupa peralatan bioflok kepada LKM Maharatu Makmur yang disaksikan oleh Plt Kadispusip Kota Pekanbaru, Ir. Hj. Nelfiyonna, M.Si.

About the author

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

No More Posts Available.

No more pages to load.