Pemerintah Kabupaten Tapsel Belajar Penerapan Srikandi Versi 2 Ke Pekanbaru

oleh -4.499 views

Pekanbaru – Pemerintah Kota Pekanbaru menjadi daerah pertama di Indonesia yang menerapkan aplikasi sistem informasi kearsipan dinamis terintegrasi (Srikandi) versi dua dan penggunaan tanda tangan elektronik (TTE) sejak Februari 2022 lalu.

Dalam perjalanannya telah banyak daerah yang datang dan belajar ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru. Salah satunya dari Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan yang melaksanakan studi banding ke Pemko Pekanbaru, Jumat (28/10/2022).

“Saat awal pelaksanaan banyak kendala yang kami hadapi. Namun bapak Walikota mengatakan untuk learning by doing. Lakukan dulu, kalau ada masalah kita selesaikan bersama. Ini tidak akan sulit jika ada komitmen bersama,” ungkap Plt Kadispusip Kota Pekanbaru, Ir. Hj. Nelfiyonna, M.Si dalam sambutannya.

Keberadaan Srikandi dalam urusan administrasi pemerintahan, lanjut Nelfiyonna akan memberikan banyak manfaat. Diantaranya mempermudah pengkoordinasian, tracking surat, mengangkat mutu layanan publik dan pengintegrasian antar lembaga.

“Implementasi Srikandi wajib dilaksanakan setiap daerah. Kita tidak bisa berjalan sendiri, perlu adanya koordinasi dengan dinas terkait. Dalam hal ini misalnya dengan Diskominfo. Tanpa adanya komitmen dan sinergisitas, upaya untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel maka akan sulit terlaksana,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru  Firmansyah Eka Putra mengatakan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) hari ini bukan lagi sebuah pilihan, tetapi sudah menjadi keharusan. Implementasi yang terpadu akan berdampak pada integrasi sistem sehingga dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi yang berujung pada pelayanan publik berkinerja tinggi.

“Srikandi memang salah satu program kami dalam rangka percepatan digital dan reformasi di lingkungan Pemerintahan Kota Pekanbaru. Dari kunjungan ini, Tapsel punya bekal dan pemahaman terhadap penggunaan Srikandi,” ujarnya.

Kegiatan diikuti oleh 55 orang dari masing-masing OPD di lingkungan pemerintah Kab. Tapsel yang bertempat di Ruang Common Center Diskominfo Lantai tiga Gedung Utama Perkantoran Tenayan Raya.

About the author

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

No More Posts Available.

No more pages to load.