Nostagia Pasar Bawah Dalam Blusukan Presiden Jokowi

oleh -1.396 views

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menyambangi Pusat Wisata Belanja Pekanbaru atau lebih dikenal dengan Pasar Bawah pada Rabu (4/1/2023). Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun berkesempatan mendampingi orang nomor satu di Indonesia untuk meninjau aktivitas perdagangan dan bertemu sejumlah pedagang disana.

Note : Foto pertama merupakan arsip Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru yang diambil pada Agustus 1968 “Bangunan-bangunan Kios Pasar Bawah”

Dibalik kunjungan Presiden Jokowi, ternyata Pasar Bawah tidak hanya menjadi saksi sejarah perjalanan Kota Pekanbaru saja, tetapi sekaligus menjadi pasar tertua di kota ini. Diperkirakan telah beroperasi sejak tahun 1700-an atau usianya sudah mencapai 300 tahu loh.

Nama Pasar Bawah sendiri diberikan oleh masyarakat dengan melihat letak geografis pasar tradisional ini yang berada di tepi Sungai Siak. Dimana kontur tanahnya lebih rendah dibandingkan daerah atau pasar lainnya (Pasar Pusat atau dikenal Sukaramai Trade Center) yang letaknya lebih tinggi.

Selain itu, keunikan lain bisa dilihat dari corak arsitektur bangunan yang merupakan perpaduan antara budaya Melayu dan Tionghoa. Hampir seluruh dinding bangunannya terdapat ukiran khas melayu dan diatas bangunan empat lantai tersebut juga ada ukiran selembayung yang mengandung makna pengakuan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Motif relief yang terdapat disekitar bangunan pasar dipenuhi warna-warna yang mencolok, seperti hijau dan kuning persis seperti bangunan di Chinatown.

Bangunan pasar memiliki bentuk seperti rumah tradisional Pekanbaru, Selaso Jatuh Kembar dengan atapnya yang khas itu di desain dan dirancang sendiri oleh Sultan ke 4 Kerajaan Siak Sri Indra Pura, Sultan Abdul Jalil Alamudin Syah. Dulunya, kerajaan tersebut ada di daerah Senapelan nama lawas dari Pekanbaru.

Seiring berjalanannya waktu, popularitas Pasar Bawah sebagai pusat perbelanjaan semakin maju, sehingga pemerintah daerah menjadikannya sebagai destinasi pasar wisata. Bahkan pada tahun 2017, Pasar Sawah mendapatkan penghargaaan sebagai Objek Wisata Belanja Terpopuler dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) .

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke pekanbaru tidak singgah atau berbelanja di pasar bawah. Terdapat banyak pilihan oleh-oleh, mulai dari makanan, souvenir, baju, tas, karpet, keramik dan lainnya. Tidak hanya barang dalam negeri, namun juga barang-barang dari luar negeri, seperti Malaysia dan Singapura.

Yuk share informasi berupa foto-foto Pekanbaru Tempo Dulu ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru, Jalan Dr Sutomo No 1 Pekanbaru. #ArsipHilangAsetMelayang

About the author

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

No More Posts Available.

No more pages to load.