Gol A Gong Menyoal GPMB Pekanbaru dan Riau

oleh -1.929 views

Masih terngiang ucapan Muhammad Syarif Bando, Kepala Perpustakaan Nasional RI, saat Munas Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca di Aryaduta Jakarta, 19 September 2019, “Eselon satu dan dua tidak boleh lagi menjabat Ketua GPMB.” Kemudian Dr. Tjahjo Prajogo terpilih jadi Ketua Umum PP GPMB 2029-2023.

pengukuhan GPMB Pekanbaru

Syarif Bando ingin agar GPMB merevolusi diri. Kita tahu, GPMB dibentuk top down, keinginan dari para pensiunan pejabat di Perpusnas RI dan IKAPI pada Juli 2001. Selama 18 tahun, GPMB tidak “hadir” di tengah masyarakat, berbeda dengan organisasi mitra Kemdikbud RI, yaitu Forum TBM – dimana saya pernah menjadi Ketua Umum PP FTBM 2010-2015. Forum TBM hadir bottom up pada 8 Oktober 2005, aspirasi dari para pegiat literasi yang secara massif menggerakkan budaya baca dan tulis di masyarakat Indonesia.

GPMB PKU

Sebulan kemudian di Kota Pekanbaru, Riau, saya kembali diundang Perpusnas RI, menjadi narasumber di kegiatan Festival Literasi Kota Pekanbaru, 30 Oktober 2019, sekaligus menghadiri pelantikan dan pengukuhan GPMB Kota Pekanbaru dan Provinsi Riau.

Kami merasa senang melihat komposisi pengurus yang berwarna. Usia mereka masih muda dan terdiri dari para pegiat literasi. Mulai dari para penulis yang bergabung di Forum Lingkar Pena, aktivis literasi yang mengelola taman bacaan masyarakat, komunitas sastra dan teater, wartawan, bahkan para guru dan dosen.

Ini angin segar, yang berhembus membawa aura positif. Tjahjo sangat optimis, GPMB yang belum menyebar di Indonesia – masih di bawah 50%, akan bertumbuhan. Sebagai penasehat GPMB di kepengurusan Tjahjo, saya siap membantu.

GPMB PEKANBARU

Kata Hilmi, Ketua GPMB Provinsi Riau, “Insya Allah, secara kelembagaan, GPMB Riau akan jadi yang pertama mekuncurkan buku di Gedung Perpustakaan Soeman Hs yang megah ini.” Dan saya percaya, karena mereka terhubung ke para pujangga seperti Rida K Liamsi, Fakhrunnas M Jabbar, Dhenni Kurnia, Kunni, Marahalim, dan masih banyak lagi.

Kepada para pegiat literasi di seluruh pelosok negeri, terutama yang berjiwa muda. Ayo, datangi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan di kotamu. Tanyakan, apakah sudah ada GPMB? Kalau belum, jangan ragu, bentuk saja. Perpustakaan sudah bertransformasi dan berbasis Inklusi sosial, dimana masyarakat sebagai pelaku utamanya menuju literasi kesejahteraan. (Gol A Gong)

#GPMB #GPMBPekanbaru #FestivalLiterasiPekanbaru #Festival #Festival2019 #FestivalLiterasi #AkreditasiA
#AyoMembaca #BukuPerpustakaanUmumKotaPekanbaru#DispusipPekanbaru
#Dispusip #Pekanbaru #AyoKePerpustakaan #AyoJagaArsip #TertibArsip
#perpustakaan #pustaka #pustakawan #arsip#dokumen #library #librarian
#book #archive #history
#bandarayamelayu #bandarserimelayu
#SalamLiterasi
#SalamSmart
BACA & PINJAM >>> GRATISSS
————————
Yuuuk kunjungi,..
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru
Jl. Dr. Sutomo No. 1 Pekanbaru.
Telpon : (0761) 859318
Email : bpadkotapekanbaru@gmail.com
Website : https://www.dispusip.pekanbaru.go.id
Twitter : https://www.twitter.com/DispusipPKU
Facebook : https://www.facebook.com/dispusippku
Instagram : https://www.instagram.com/dispusippku/
-SALAM SMART-

About the author

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

No More Posts Available.

No more pages to load.