#AyoJagaArsip Fumigasi Sebagai Upaya Penyelematan dan Pelestarian Khasanah Arsip

oleh -224 views

Indonesia adalah negara berikilm tropis yang memiliki suhu dan kelembaban tinggi sehingga mempengaruhi perkembangan serangga dan hama perusak arsip. Disisi lain, arsip berbahan organik (kertas) adalah salah satu sumber makanan bagi serangga.

Ini menjadi perhatian serius bagi semua pencipta arsip dan lembaga kearsipan untuk melakukan upaya pelestarian arsip dari kerusakan fisik. Sekaligus menjaga memori kolektif bangsa yang tak ternilai harganya, keberadaan fisik dan informasi arsip statis harus selalu dirawat dan dilestarikan.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru melakukan dengan dua cara, yakni preservasi preventif dan kuratif.

Dimana, tindakan preventif merupakan upaya pemeliharaan untuk mencegah masuknya hama perusak arsip ke dalam depot penyimpanan, salah satunya dengan Metode Pengendalian Hama Terpadu (PHT). Sementara tindakan kuratif dilakukan untuk membunuh hama perusak arsip secara cepat, yaitu dengan cara melaksanakan fumigasi.

Tindakan fumigasi arsip dapat membunuh hama perusak arsip dengan cepat dan mematikan hama dengan jumlah yang banyak. Upaya ini dilakukan terus setiap tahunnya oleh Dispusip Kota Pekanbaru guna mencegah agar kerusakan fisik arsip secara berkelanjutan dapat dihindari, mematikan faktor-faktor perusak biologis dan mensterilkan arsip agar tidak berbau yang mengganggu serta menyegarkan udara agar tidak menimbulkan penyakit bagi manusia, terutama petugas kearsipan itu sendiri.

Fumigasi dilakukan oleh tenaga ahli dengan memperhatikan prosedur fumigasi. Sebelum pelaksanaan petugas akan memeriksa dengan teliti segel-segel atau karet pintu ruangan, memastikan ventilasi ruangan sudah ditutup dengan rapat dan Menutup barang-barang berbahan dasar logam (emas, besi, tembaga dan lainnya) menggunakan plastik untuk mencegah bahan kimia atau obat fumigasi tidak menyebar.

Proses fumigasi dilakukan pada semua area, termasuk record center, depot arsip dan galeri arsip. Berbeda dengan disinfektan, fumigasi lebih bertujuan untuk membasmi mikroorganisme serta hama sehingga Dispusip Kota Pekanbaru menutup layanan sementara.

Semua upaya ini merupakan langkah pelestarian khasanah arsip agar kedepannya tetap dapat dimanfaatkan hingga ke generasi yang akan datang. Untuk itu #AyoJagaArsip

About the author

Gambar Gravatar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

Tentang Penulis: DISPUSIP Kota Pekanbaru

Gambar Gravatar
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Pekanbaru hadir sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. DISPUSIP Kota Pekanbaru mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang perpustakaan dan Kearsipan.

No More Posts Available.

No more pages to load.